Metro Kendari

Telan Anggaran Rp 300 Miliar, RS Jantung Dibangun 18 Lantai

Pariwara

Ali Mazi

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai merealisasikan rencana pembangunan Rumah Sakit Jantung atas lahan kawasan eks rumah sakit provinsi. Prosesnya telah memasuki tahap lelang desain dengan nominal anggaran Rp 1 miliar. Pembangunan megaproyek 18 lantai itu akan menghabiskan anggaran senilai Rp 300 miliar. Gubernur Sultra, H. Ali Mazi, SE menuturkan pembangunan RS Jantung lahir dari pertimbangan matang atas kebutuhan layanan kesehatan jantung masyarakat. Selama ini orang-orang selalu keluar daerah untuk mendapatkan perawatan jantung. “Bahkan kadang masyarakat kita harus keluar negeri untuk cek jantung, selain biaya untuk pemeriksaan mereka harus mengeluarkan biaya perjalanan yang besar,” katanya.

Olehnya itu, sejak memutuskan maju sebagai calon gubernur awal tahun 2018 lalu, Ali Mazi memasukkan pembangunan RS jantung dalam rumusan visi dan misinya untuk menciptkan layanan kesehatan yang baik. Setelah terpilih, keduanya menempatkan infrastruktur kesehatan itu sebagai program prioritas. “Kita anggarkan bertahap yang jelas dimulai tahun ini, dalam tiga empat tahun sudah bisa selesai,” Ali Mazi optimis.

“Anggaran pembangunan rumah sakit itu akan dialokasikan secara bertahap oleh pemerintah. Tahun 2019 ini pembangunan RS Jantung akan terealisasi. Rencana Umum Pengadaan (RUP) sudah diserahkan ke Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (BPBJP) untuk tayang di layar lelang,” kata Pahri Yamsul, Kepala Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra. Katanya, proses lelang desain bangunan sudah dilakukan. Proses tender diprediksi akan berlangsung selama tiga bulan. Saat ini, pihaknya sementara melakukan pembersihan lokasi.

Ketua Perbasasi Sultra itu mengatakan pengerjaan pembangunan rumah sakit ditarget akan diselesaikan selama tiga tahun. Namun bisa jadi lebih cepat selesai, bila alokasi anggaran yang diperlukan cepat terealisasi. “Jika anggaran yang diperlukan cepat terealisasi, maka pengerjaannya bisa selesai dua tahun. Kami tetap mengupayakan semua berjalan sesuai dengan apa yang telah di tetapkan, bahkan lebih cepat dari itu,” ungkapnya. (m2/b)

Telan Anggaran Rp 300 Miliar, RS Jantung Dibangun 18 Lantai
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy