Metro Kendari

Ini Alasan Gubernur Bangun Perpustakaan Bertaraf Internasional di Taman Budaya

Pariwara

Ali Mazi

KENDARIPOS.CO.ID — Literasi begitu penting bagi pembangunan sumber daya manusia. Menarik minat baca masyarakat, pemerintah harus membangun fasilitas baca. Karena itu, Pemerintah Provinsi (Pemorov) Sultra dibawah kendali Ali Mazi-Lukman Abunawas akan membangun sebuah perpustakaan bertaraf internasional. Gedung yang diproyeksi enam lantai itu akan didirikan diatas lahan yang saat ini berdiri Kantor Taman Budaya. Desain gedung sudah dilelang. Rencananya pembangunannya akan dimulai tahun ini.

Gubernur Sultra Ali Mazi mengatakan pembangunan perpustakaan modern ini akan dibangun di lahan eks PGSD. Hanya saja, ia ingin perpustakaan itu bisa dekat dengan fasilitas umum yang lain. “Tadinya ada masukan untuk membangun di lahan eks PGSD. Tetapi saya ingin bangunan itu terintegrasi dengan yang lain seperti MTQ. Jadi orang bisa sekalian jalan-jalan. Makanya kita bangun berdekatan,” ungkap Ali Mazi.

Kepada Kendari Pos, Kepala dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Pahri Yamsul mengatakan, bersama sejumlah anggotanya ia telah melakukan study banding di Perpustakaan London. Desain yang begitu indah dengan beragam fasilitas menarik. “Kita sudah liat betapa megahnya perpustakaan di sana. Ada ruang santai, ruang membaca, ruang diskusi mahasiswa, sangat nyaman. Lelang desainya saat ini sementara bejalan, tinggal tunggu pemenang tendernya,” katanya. Sementara itu, Karo Kerjasama Pemprov Sultra Harmin Ramba mengatakan gubernur akan pergi ke Amerika untuk melihat perpusatkaan di Harvard University. Dengan begitu, bisa menjadi contoh desain perpustakaan yang akan dibangun di Sultra. (lyn/m2/b)

Ini Alasan Gubernur Bangun Perpustakaan Bertaraf Internasional di Taman Budaya
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy