Buton

Dikbud Buton Usul Anggaran Pelestarian Budaya

Pariwara

La Ode Syamsuddin

KENDARIPOS.CO.ID — Kabupaten Buton dikenal punya sederet budaya tua yang masih terjaga hingga saat ini dan akan terus dilestarikan. Pelestarian budaya-budaya itu tentu punya konsekuensi anggaran. Nah, Pemkab Buton melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) telah mengusulkan program kegiatan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan guna mendapatkan anggaran untuk merawat dan melestarikan budaya tua.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Dikbud Buton, La Ode Syamsuddin menyebutkan kegiatan yang diusulkan ke Kemendikbud adalah pembangunan rumah adat atau Baruga (Galampa) untuk sejumlah kecamatan, revitalisasi benteng di Lasalimu, sarana dan prasarana kesenian untuk mendukung program festival budaya tua Buton tahun 2019.

Selain itu, kegiatan pelatihan tarian tradisional dan pelatihan tenaga ahli guna memenuhi pencatatan dan pendaftaran benda-benda cagar budaya. “Pengajuan program ini untuk mendapatkan dana dari APBN khususnya pada tugas pembantuan. Mudah-mudahan dari beberapa pengusulan ini, ada yang disetujui Kemendikbud,” kata Syamsuddin, beberapa waktu lalu. (mel/c)

Dikbud Buton Usul Anggaran Pelestarian Budaya
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy