Konawe Selatan

RSUD Konsel Masih Layani BPJS

Pariwara

dr. Maharayu

KENDARIPOS.CO.ID — Maraknya isu pemutusan kontrak antara rumah sakit dan BPJS membuat masyarakat Konsel ikut resah. Pasalnya, di daerah itu sekitar 15 ribuan masyarakat dijamin oleh BPJS. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Konsel, dr.Maharayu meredam keresahan warga Konsel. Dia memastikan pelanyanan pasien BPJS masih berlaku di institusinya.

“Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit (BLUD-RS) Konsel dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan hingga saat ini tidak ada masalah. Memang saya sempat dengar di media khususnya daerah lain ada pemutusan kontrak, tapi kalau di sini tidak ada. Jadi peserta BPJS tetap aktif,” ujarnya.

Bahkan sejak informasi itu beredar, pihaknya menyampaikan kepada sejumlah Puskesmas untuk tidak terpengaruh dengan isu yang berkembang di luar. “Kami sudah antisipasi. Kami minta pihak Puskesmas agar menyampaikan ke masyarakat bahwa BPJS tetap berlaku,” jelas dr.Maharayu.

Apalagi Menkes sudah sampaikan kepada RS daerah sampaikan tetap terima peserta BPJS. “Jadi saya minta masyarakat tidak perlu resah. Adapun masalah kemarin itu yang saya pelajari, memang ada beberapa RS yang belum dibayar. Tapi kalau Konsel tetap lancar tiap bulan masuk direkening RS maupun Puskesmas,” imbuh dr.Maharayu.

Pemkab Konsel tahun ini menganggarkan BPJS daerah sekira 15 ribu peserta dengan kalkulasi anggaran Rp 5 miliar. Tahun 2018, Pemkab Konsel sudah menganggarkan 10 ribu kartu BPJS untuk warga miskin. “Ditambah tahun ini sekitar 5 ribu, jadi totalnya 15 ribu peserta. Itulah yang ditanggung Pemda melalui APBD dengan kisaran anggaran Rp 5 Miliar. Rinciannya, kan dalam satu peserta dianggarkan premi Rp 32 ribu untuk kelas III. Setelah itu dikali 12 bulan. Jadi data di ambil dari dinas sosial. Khususnya bagi masyarakat yang tidak mampu. Selain itu ada juga KIS dan Mandiri,” rinci dr.Maharayu.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Konawe Selatan, Nurdiah S. Dahlan membenarkan terkait adanya kontrak dengan RS Konsel. “Di Konsel aman-aman saja Pak, sampai saat ini RS masih melayani peserta JKN-KIS dengan baik. Bahkan untuk all segmen saat ini kurang lebih 69 persen masuk peserta BPJS dari jumlah penduduk di Konsel,” ungkapnya.

Apalagi BLUD RS Konsel sudah terakreditasi. Sementara untuk Puskesmas di Konsel memang belum semua akreditasi tapi pelayanan ke peserta JKN-KIS tetap berjalan baik. “Dan kami berharap kerja sama dengan Dinkes masih tetap dilanjutkan,” kata Nurdiah S. Dahlan. (kam/c)

RSUD Konsel Masih Layani BPJS
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy