Buton Utara

Bupati Butur Ajak Kadis Tanam Padi Organik

Pariwara

HADRIAN INDRA MAPA / KENDARI POS
TANAM : Bupati Buton Utara, Abu Hasan (tengah) saat menanam padi organik. Sejak memimpin Kabupaten Buton Utara, Abu Hasan terus mengampanyekan padi organik.

KENDARIPOS.CO.ID — Ada yang berbeda dengan tampilan Bupati Buton Utara (Butur), Abu Hasan, Jumat. Berbekal sebatang galah dan caping (topi berbentuk kerucut dari anyaman bambu), Abu Hasan terlihat beraktivitas di sebidang lahan perkebunan. Rupanya dia ikut menanam padi organik. Tampilan bupati yang dikenal merakyat itu, jauh dari kesan pejabat nomor satu di Buton Utara. Dia tak sendiri. Beberapa kepala dinas turut serta mendampingi sang bupati. Kabupaten Butur sejak dinakhodai duet Abu Hasan dan Ramadio sebagai Bupati dan Wakil Bupati memang gencar mengampanyekan padi organik.

Untuk menyukseskan program unggulannya itu, Bupati Abu Hasan kerap melibatkan pemimpin organisasi perangkat daerah (OPD). Tidak hanya menyosialisikan kepada petani tetapi juga ikut menanam padi organik di lahan pertanian masing-masing. “Kehadiran OPD merupakan salah satu bentuk perwujudan semangat gotong royong untuk sebuah aktivis yang diharapkan bisa menjadi cotoh bagi masyarakat dilingkungan sekitarnya. OPD dilibatkan menyukseskan program pertanian organik,” ujar Abu Hasan disela-sela melakukan aksi tanam padi organik di Desa Elhaji Kecamatan Kulisusu, Jumat (11/1).

Abu Hasan menegaskan, sejak awal formula pertanian organik tergagas, dia selalu menganjurkan agar masyarakat diberi contoh, sehingga memahami pertanian dari kovensional menjadi pertanian organik. “Dan terbukti hari ini banyak kepala OPD, wakil bupati, Sekda sudah memberikan contoh dan contoh itu sudah memberikan hasilnya. Masyarakat mulai bergairah untuk mengelola lahan mereka menjadi lahan pertanian organik,” tuturnya.

Ketua KONI Butur itu menilai, gerakan bertani organik menjadi sebuah gerakan yang masif dan lahan-lahan yang ada di Butur digarap semuanya menjadi lahan produktif. “Target kita, Butur ini tidak mengalami krisis pangan,” tandas Abu Hasan. (had/b)

Bupati Butur Ajak Kadis Tanam Padi Organik
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy