Konawe

Pemkab Konawe Anggarkan Rp 25 Miliar untuk 1.000 Bibit Sapi

Pariwara

Jumrin

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe menggalakkan program dari tiga sektor utama yakni pertanian, perikanan dan perternakan. Nah, untuk sektor peternakan, Pemkab mencanangkan satu juta ton daging sapi. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Konawe mengalokasikan anggaran Rp 25 miliar untuk menyediakan bibit sapi unggul, yang nantinya akan dikelola masyarakat.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Konawe, Jumrin mengatakan, anggaran Rp 25 miliar itu akan digunakan untuk menyediakan 1.000 ekor bibit sapi jenis Brahma Cross F2. Bibit sapi jenis Brahman Cross dipilih karena punya memiliki bobot lebih berat, jika dibandingkan jenis sapi Bali ataupun sapi lokal. Sehingga dengan Brahma Cross diharapkan mampu menghasilkan daging yang lebih banyak. 1.000 bibit sapi Brahman Cross nantinya akan ditempatkan di UPTD, yang berlokasi di Kecamatan Onembute.

“Untuk lokasi ternaknya, kita perlu kesepakatan antara pemerintah dengan warga. Kita berencana membangun UPTD pengelola bibit sapi di Onembute. Nah, kalau kita tidak bisa mengelola, kita bisa distribusikan kepada kelompok-kelompok tani,” beber Jumrin.

Untuk mendukung program itu, dinas peternakan juga mengadakan kerja sama dengan Bintara Pembina Desa (Babinsa). “Kita sudah gelar Bimbingan Teknis (Bintek) bersama Babinsa untuk kegiatan di lapangan, supaya mereka juga tahu bahwa di sektor peternakan ada kegiatan teknologi yaitu Inseminasi Buatan (IB), teknologi ini untuk kawin suntik sapi, sehingga sapi kita bisa cepat bertambah,” jelas Jumrin.

Ia berharap, dengan pengadaan 1000 ekor bibit sapi tersebut dapat mewujudkan program sejuta ton daging. “Tahun 2018 kami mencatat kelahiran sapi di Konawe sebanyak 9.800 ekor, dan 1.600 ekor sapi yang dikonsumsi berdasarkan laporan RPH. Tahun ini, kita akan tingkatkan lagi,” pungkas Jumrin. (hel/b)

Pemkab Konawe Anggarkan Rp 25 Miliar untuk 1.000 Bibit Sapi
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy