Konawe Selatan

Cegah Pungli, DPTSP Konsel Gandeng Bank

Pariwara

Kepala DPTSP Konsel, Hidayatullah

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPTSP) Kabupaten Konsel terus berbenah. Sebagai garda terdepan dalam pelayanan publik di kabupaten itu, lembaga yang sudah menerapkan sistem online itu berusaha meningkatkan pelayanan cepat, murah, akuntabilitas dan berintegritas. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas PTSP Konsel, Hidayatullah. Dia memastikan instansinya akan lebih baik dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. “Mulai saat ini kita mencoba membangun pelayanan lebih baik. Dan bebas dari segala pungli. Untuk itu perlu adanya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM),” ujar Hidayatullah di ruang kerjanya, Rabu (9/1).

Langkah yang dilakukan untuk mewujudkan layanan akuntabilitas dan berintegritas itu pihaknya telah bekerja sama dengan Bank Sultra. Misalnya, pembayaran IMB harus dilakukan melalui bank. Itu dilakukan untuk menghindari kasus suap ataupun pungutan liar. “Jadi bendahara penerima tidak pegang uang cash. Tapi hanya slip atau bukti setoran. Selain itu, kode etik juga kita mulai tegakan. Tidak boleh orang atau staf pelayanan perizinan menjadi makelar permohonan izin. Ini dilakukan untuk menghindari suap atau pungli,” tegas Hidayatullah.

Apalagi saat ini Dinas PTSP Konsel tengah melayani 72 izin. Itu diberlakukan setelah adanya Perbup Nomor 35 tahun 2017. “Jadi harus satu pintu, semua izin di sini (Dinas PTSP). OPD lain tidak perlu lagi mengeluarkan izin. Makanya permohonan izin saat ini bertambah menjadi 72. Sebelumnya kami hanya tangani 26 izin,” jelas Hidayatullah. Dinas PTSP saat ini menerapkan layanan Online Single Submision (OSS). Ini bagian dari pelayanan cepat dan membangun integritas. “Kita juga tetap menghargai hasil penilaian Ombudsman Republik Indonesia (ORI) yang mengeluarkan nilai perizinan Konsel berada pada posisi kuning. Kita tetap menghargai itu sebagai motivasi untuk lebih baik lagi,” tandas Hidayatullah. (kam/c)

Cegah Pungli, DPTSP Konsel Gandeng Bank
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy