Kolaka Utara

Nelayan Kolut dapat Bantuan Ratusan Alat Tangkap dan 13 Perahu

Pariwara

KENDARIPOS.CO.ID — Tahun ini, para nelayan di Kolaka Utara (Kolut) yang tergabung dalam berbagai kelompok bakal mendapat bantuan alat tangkap, plus 13 unit perahu dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI. Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kolut memastikan usulan mereka akan direalisasikan tahun 2019. Kepala DKP Kolut, Muhlis Usman melalui Seksi Kapal dan Penangkapan Ikan, Sumardi menjelaskan proses pembuatannya diperkirakan antara September-November. “Belum ada pemenang tendernya. Yang jelas ini sudah disetujui dan tinggal menunggu realisasi pengerjaannya saja,” ujarnya, Senin (7/1).

13 unit perahu itu terdiri dari delapan perahu berbahan kayu dan lima unit lainnya adalah perahu fiber. Bantuan perahu itu bersumber dari APBN dilengkapi mesin termasuk alat tangkap yang berkisar 100 unit menggunakan DAU dan DAK. Untuk spesifikasi mesin, terbagi tiga kategori masing-masing 6,5 PK, 30 PK dan khusus 12 PK satu unit. “Memang komplit tetapi dianggarkan berbeda pengadaannya,” tutur Muhlis Usman.

Sementara itu bantuan lainnya berupa untuk alat bantu selam sebanyak 17 unit dan satu unit rompon. Untuk ukuran perahu itu sendiri rata-rata panjang 7,5 meter. DKP Kolut belum mampu mengakomodir seratusan proposal kelompok nelayan karena semua itu bergantung persetujuan pusat. Nantinya nelayan yang keliru memanfaatkan bantuan itu akan dikenakan sanksi, misalnya dijual atau disewakan kepada pihak lain. Sanksinya bisa berupa penarikan bantuan atau dialihkan ke kelompok nelauan lain. (rus/c)

Nelayan Kolut dapat Bantuan Ratusan Alat Tangkap dan 13 Perahu
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy