Pariwara
Kolom

Salam Redaksi : Optimisme 2019

KENDARIPOS.CO.ID — Penanggalan baru tahun masehi 2019 sudah dimulai. Setelah tahun buku 2018 ditutup, kini kita melangkah pada lembaran baru. Namun, tiap pergantian tahun bukan berarti akan menerbitkan zaman baru. Karena zaman baru ditandai dengan hadirnya pola dan perilaku hidup baru pula.

Meneropong tahun 2019, proyeksi munculnya nilai-nilai kebaruan bakal terjadi. Diprediksi akan menjadi awal perubahan sebuah masa. Kita mulai menyadari, banyak pemikiran-pemikiran lama yang sudah tidak relevan dengan perkembangan saat ini sehingga memacu kita terus berinovasi dan berkreasi. Kemampuan beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi bisa menjadi benteng agar tetap eksis. Untuk menjadi terdepan, dibutuhkan terobosan cemerlang yang belum dilakoni orang lain.

Pada aspek ekonomi, ada yang memprediksi bakal hadirnya sebuah model baru yang menjadi pesaing ekonomi digital. Pada tulisan Abdul Rokhim (Pemred Jawa Pos) menyebutkan: tahun 2019 adalah tahun dimana dua ekonomi baru yaitu: Digital Economy dan Leisure Economy mulai menemukan critical mass-nya dan akan menghasilkan “the whole new world” dengan jutaan peluang pasar dan bisnis baru. Kenormalan baru sudah lamat-lamat menampakkan bentuknya dan setiap pelaku bisnis harus mulai jeli memasang insting bisnisnya agar bisa “menyalip” pemain lain di tengah kenormalan baru yang bakal lahir.

Jika kita menganalisa statemen tersebut, maka kondisi itu tak lepas dari suasana demografis yang terjadi. Kelompok milenial akan bangkit menjadi leader pada sektor-sektor vital. Menjadi penentu kebijakan. Mereka memiliki cara pandang, cara pikir, dan mengambil keputusan yang cekatan. Strateginya unik. Tak perlu produk terbaik. Produk yang banyak dan murah. Namun, produk yang cepat bertransformasi dan selalu relevan.

Perubahan tersebut tak hanya terjadi di kota-kota besar. Namun, sudah merasuki seluruh daerah-daerah, termasuk Sulawesi Tenggara. Apalagi dengan kondisi Sulawesi Tenggara dengan kepemimpinan baru duet Ali Mazi-Lukman Abunawas diharapkan dapat membangkitkan semangat perekonomian jazirah Bumi Anoa. Dengan mengusung program Gerakan Akselerasi Pembangunan Daratan dan Lautan (Garbarata), pemerataan pembangunan daratan dan kepulauan diharapkan bisa berlangsung.

Momentum akbar pesta demokrasi juga akan digelar tahun 2019. Pemilihan presiden, anggota DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota. Pertama kali diselenggarakan secara bersamaan. Percaturan politik 2019 juga diprediksi akan berdampak pada perubahan ekonomi nasional. Pada pemilihan legislatif di Sulawesi Tenggara ada 5 ribuan caleg yang bakal berebut kursi parlemen. Untuk 17 kabupaten/kota, sebanyak 5.371 orang tercatat dalam Daftar Calon Tetap (DCT). 45 kursi DPRD Sultra diperebutkan 400-an caleg. Enam kursi DPR RI diperebutkan sekira 73 caleg dan empat kursi DPD RI diperebutkan sekira 46 caleg.

Dalam menghadapi perkembangan 2019, Kendari Pos juga terus berbenah menghadapi perkembangan yang terjadi. Melalui berbagai inovasi yang dilakukan diharapkan bisa terus menjaga kepercayaan masyarakat. Memasuki 2019, Kendari Pos membuka beragam rubrik yang bisa menjadi referensi pembaca. Ada True Story sebagai wadah menggali inspirasi perjalanan menuju sukses. Heritage and Vacation bakal menjadi rujukan bagi masyarakat yang senang dengan dunia traveling. Rubrik ini juga akan mengulas kembali cerita-cerita rakyat agar kita bisa memperkaya khasanah pemahaman tentang daerah ini. Kendari Pos juga membuka rubrik Garbarata untuk mempublikasi perkembangan pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah. Serta rubrikasi-rubrikasi lain yang mulai bertransformasi dengan kebutuhan pembaca.

Kita harus selalu mengedepankan sikap optimis dalam menghadapi tahun 2019. Cara pikir positif akan mengantar kita menuju kemajuan. Jika mindset kita diselimuti oleh sikap skeptis dan pesimisme, maka kondisi itu pula yang akan dirasakan pada tahun 2019. Olehnya itu, optimisme 2019 tetap menjadi terdepan.

Banyak peluang akan terbuka pada 2019. Mereka yang aktif merebut kesempatan akan menjadi lokomotif kemajuan. Jangan hanya pasif. Kalender masehi 2019 baru dibuka. Mari kita berlomba mewujudkan impian dan menjadi yang terbaik. Semoga langkah makin sukses dalam perjalanan tahun 2019. Selamat Tahun Baru 2019.([email protected])

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy