Pariwara
Kolom

Selamat Jalan 2018, Oleh: Irwan Zainuddin

KENDARIPOS.CO.ID — Menghitung hari. Waktu demi waktu. Detik demi detik. Membawa kita sampai pada ujung perjalanan 2018. Lalu, menatap perjalanan lanjutan pada 2019.

Waktu berjalan terus. Tidak pernah menungu. Sedetik pun. Siap atau tidak, dia akan pergi. Tak akan pernah kembali lagi. Pertanyaannya: apa yang sudah kita lakukan untuk kebaikan masa depan? Apakah kita sudah mempersiapkan bekal untuk hari esok?

Jika ingin bahagia hari esok, maka siapkan kebahagian itu hari ini. Kalau mau sukses hari esok, maka siapkan hari ini langkah menuju sukses. Ingat kawan, bahagia itu bukan warisan atau pemberian. Bahagia itu diperjuangkan. Suksespun bukan warisan dari leluhur, tapi buah dari kerja keras yang telah disiapkan sejak lama. Sebab, sukses bukan sulap. Tak bisa hanya berucap: Simsalabim, jadi maka jadilah. Bukan kawan.

Setahun perjalanan kita, apa yang sudah kita lakukan untuk besok? Dan besoknya lagi. Apakah 365 hari itu hanya habis terbuang sia-sia? Sekadar menunggu keajaiban. Atau kita habiskan hanya berkeluh kesah. Atau memendam iri atas kebahagian dan sukses orang lain?

Memaknai akhir tahun 2018 dilakukan melalui evaluasi dan introspeksi diri. Evaluasi apa yang telah dilakukan dan apa yang perlu dilanjutkan. Bukan mengakhiri 2018 dengan mencaci maki. Mencari kesalahan orang. Bukan pula mengumbar keburukan orang. Apalagi menzalimi orang. Kalau ada kesalahan orang lain, yach maafkanlah dia. Beri tauziah agar tidak terulang. Mencari kesalahan itu gampang, tapi mengingat kebaikan orang lain terkadang kita alpa.

Ingat kawan, tidak ada yang telat. Mumpung kita masih diberi nikmat usia. Manfaatkan dari sekarang. Susun langkah kedepan agar sukses dan bahagia mampu kita raih. Simpan semua kegagalan di tahun 2018. Kubur bersama masa lalu. Jangan lagi diungkit. Atau diulang. Tatap dan songsong 2019 dengan harapan yang cerah. Dengan semangat yang kuat. Insya Allah, sukses dan bahagia akan bersama kita.

Jadi sobatku semua, di penghujung tahun ini, saya menitip harapan untuk bisa lebih baik di tahun 2019. Mari kita rencanakan masa depan kita pada 2019. Jangan lagi menoleh kebelakang, karena yang telah lewat itu sudah masa lalu kita. Jangan membanggakan prestasi yang lalu tapi jadikan motivasi untuk selalu melakukan terbaik di tahun 2019. Prestasi kemarin sudah kita tinggalkan dan tahun depan kita berada dalam kehidupan yang baru. Tapi semua akan terulang dengan sukses jika selalu ada KEBERSAMAAN dan KEKOMPAKAN dalam bekerja.

Selamat jalan 2018. Selamat datang 2019. Ingat, pergantian tahun bukanlah sebuah pesta akbar yang harus dirayakan. Ini hanya perpindahan bulan saja. Dari Desember 2018 ke Januari 2019. Tak perlu euforia berlebihan. Semoga tidak ada lagi pesta-pesta atau hiburan-hiburan yang berlebihan penanda pergantian tahun ini.

Lebih baik pergantian tahun ini ditandai dengan semakin mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Kuasa. Dengan kegiatan zikir dan doa bersama. Untuk keselamatan diri kita, keluarga kita dan untuk NKRI.
Semoga! (*)

 

Selamat Jalan 2018

Penulis: Irwan Zainuddin (Direktur Utama Kendari Pos)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy