Pariwara
Kolaka

Soal Anak Kalahkan Ayah di Pilkades, DPMD Kolaka : Kami Belum Terima Aduan

KENDARIPOS.CO.ID — Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 21 desa di delapan kecamatan di Bumi Mekongga sudah berakhir, Selasa (18/12). Pemkab Kolaka melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMD) belum menerima satu pun gugatan dari calon kepala desa yang kalah. Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Kolaka, Abdullah Badi mengaku mendengar kabar adanya pihak yang akan mengajukan gugatan ke DPMD terkait hasil pilkades. Namun, hingga Kamis (20/12) DPMD belum menerima laporan. “Memang kami dengar salah satu calon kades di Desa Popalia akan mengajukan gugatan tapi hingga hari ini kami belum terima gugatan. Pengajuan gugatan hingga tiga hari pasca pencoblosan. Jadi terakhir Jumat (21/12),” ujarnya saat dihubungi, Kamis (20/12).

Abdullah menjelaskan Pilkades di Desa Popalia menyisakan masalah. Jumlah surat suara dan warga yang mencoblos tidak sama atau terjadi selisih. Namun dia kembali menegaskan bahwa pihaknya belum menerima gugatan dari salah satu calon yang merasa dirugikan. “Kami hanya sebatas memfasilitasi pelaksanaan pilkades. Sedangkan yang bertanggungjawab adalah panitia di desa. Kecuali ada permasalahan yang tidak dapat diselesaikan di desa baru diteruskan ke kami,” ungkapnya.

Untuk diketahui pilkades Popalia diikuti empat calon yaitu Yusran, Darmin, Yudo dan Nursidin. Yusran sang pemenang meraih 370 suara. Yusran sukses mengungguli ayah kandungnya, Yudo yang hanya meraih 356 suara. Saat perhitungan suara, terjadi perdebatan saksi bapak dan anak itu karena terdapat selisih jumlah surat suara yang dicoblos dan warga yang mencoblos. (fad/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy