Pariwara
Bau-bau

Tuntas Tahun 2016, Ruang Tunggu Pelabuhan Murhum Baubau Baru Difungsikan

KENDARIPOS.CO.ID — Gedung ruang tunggu penumpang pelabuhan Murhum Kota Baubau akhirnya difungsikan. Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Baubau mulai memanfaatkan bangunan tersebut, setelah dua tahun lalu rampung dikerjakan, tepatnya Desember 2016. “Ruang tunggu terminal baru itu sudah difungsikan,” kata Suparno, Kasi Angkutan Laut dan Pelayanan Jasa UPP Baubau di ruang kerjanya.

Gedung dibangun dengan biaya Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) itu berkonstruksi tiga lantai. Total anggarannya sekira Rp 23 miliar dengan luas gedung sekira 656.125 meter persegi. Kapasitas ruang tunggu sebanyak 1.000 orang. Penumpang yang masuk ke area ruang tunggu baru itu hanya yang memiliki tiket. Saat ini, sudah dilengkapi dengan X-Ray untuk memeriksa barang bawaan penumpang. “Dalam waktu dekat juga ini akan diberlakukan e-ticketing, tapi masih tunggu peralatannya. Jadi yang masuk ke ruang tunggu itu hanya penumpang,” jelas Suparno.

Untuk ruang tunggu lama, menurut Suparno, akan difungsikan sebagai area publik. Penumpang dan pengantar boleh masuk di area itu. “Saat ini kami sudah mulai menjalankan pilot projects pelabuhan percontohan mengenai e-ticketing. Pilot projects ini baru diberlakukan di tiga pelabuhan yakni Murhum Baubau, Kali Adem Jakarta, dan Tanjung Pinang,” pungkasnya. (ahi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy