Pariwara
Bau-bau

Pajak Kendaraan Bermotor di Baubau Lampaui Target

Ilustrasi Pajak

KENDARIPOS.CO.ID — Belum lagi tahun anggaran 2018 berakhir, Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Baubau sudah mencapai target pendapatan dari sektor penerimaan pajak kendaraan bermotor. Bahkan diklaim melebihi target.

Samsat Baubau mencatat realisasi pendapatan mencapai Rp 30,780 miliar. Kepala UPTB Samsat Baubau, Edi Muthalib mengatakan sektor penerimaan pajak kendaraan yang telah dicapai saat ini telah melampaui target. Dimana capaian Rp 30,785 miliar telah surplus sekitar Rp 5 juta. “Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara memberikan target kepada kami sebesar Rp 30.780.156.493. Data per 14 Desember lalu, realisasi kita sudah mencapai Rp 30.785.206.604 atau 100,01 persen,” ujar Edi Muthalib, Kepala UPTB Samsat Baubau di ruang kerjanya.

Realisasi tersebut bersumber dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sebesar Rp 11,913 miliar, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) Rp 17,145 miliar dan Tunggakan PKB Rp 1,209 miliar. “Lalu pendapatan dari denda PKB sebesar Rp 517.297.563,” rinci Edi Muthalib.

Kata dia, penerimaan pajak tersebut dipungut dari kendaraan bermotor yang bernomor polisi wilayah Sultra. “Pelayanan kita ini tidak terbatas Baubau saja tetapi juga bisa di Wakatobi, Kendari atau Unaaha. Yang jelas dari roda dua dan roda empat berplat DT,” ungkapnya.

Capain target itu tidak terlepas dari dukungan kerja sama pihak lain, khususnya Satlantas Polres Baubau yang intens melakukan razia pajak kendaraan bermotor. (ahi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy