Pariwara
Konawe Utara

Rp 872 Miliar RAPBD 2019 Konut Capai Rp 872 Miliar

Marthen Minggu

KENDARIPOS.CO.ID — Postur rencana anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) Konawe Utara (Konut) tahun 2019 telah ditetapkan. Dokumen itu sedang dikonsultasikan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra untuk dievaluasi. RAPBD Konut mengalami peningkatan dan diproyeksi mencapai angka Rp 872 miliar.

“Untuk RAPBD 2019 terjadi peningkatan. Kalau tahun 2018 APBD Konut berada pada angka Rp 730-an miliar. Sedangkan RAPBD 2019 mencapai Rp 872 miliar. Artinya ada peningkatan,” ujar Marthen Minggu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Konut, Selasa (18/12).

Anggota tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) itu menuturkan meningkatnya RAPBD 2019 Konut didasari adanya kenaikan beberapa pendapatan. Mulai dari dana bagi hasil (DBH), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) serta Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Sehingga pagu anggaran kita juga meningkat,” ungkapnya.

Marthen Minggu menjelaskan evaluasi dokumen RAPBD Konut bertujuan mensinkronkan anggaran sebagaimana rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Pemkab Konut dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2019. Mantan Kepala Inspektorat Konut itu menambahkan dokumen RAPBD 2019 yang sedang dievaluasi nantinya akan ada rekomendasi yang diberikan oleh provinsi dan selanjutnya akan ditunaikan Pemkab Konut.

“Minggu ini hasil evaluasi RAPBD 2019 sudah bisa diterima. Karena RAPBD yang dievaluasi diprovinsi tidak hanya Konut, melainkan seluruh kabupaten dan kota yang ada di Sultra. Yang jelasnya, penetapan RAPBD 2019 menjadi APBD akan ditetapkan pada bulan ini sebelum masuk pada tahun anggaran baru,”pungkas Marthen Minggu. (min/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy