Pariwara
Muna

RSUD Muna Dapat DAK Rp.16 Miliar

LA ODE ALFIN / KENDARI POS
DAK : Gedung RSUD Muna yang terbengkalai. Gedung itu akan dituntaskan 2019 nanti dengan dana DAK sebesar Rp.16 miliar.

KENDARIPOS.CO.ID — Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Muna mendapat kucuran dana segar senilai Rp.16 miliar dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Dana tersebut untuk perbaikan fasilitas rumah sakit agar pelayanan kesehatan masyarakat dapat terpenuhi dengan baik.

Direktur Utama RSUD Kabupaten Muna, Agus Susanto menerangkan, anggaran tersebut merupakan dana alokasi khusus (DAK) tahun 2019. Ia baru saja menanda tangani memorandum of understanding (MoU) di Jakarta, pekan lalu. “Alhamdulillah ini bentuk dukungan pusat terhadap perbaikan layanan kesehatan rumah sakit,” ujarnya, Senin (17/12).

Agus mengatakan, dana Rp.16 miliar akan digunakan untuk berbagai item kegiatan. Paling besar dialokasikan untuk penuntasan gedung rumah sakit yang sempat terbengkalai. Jika berfungsi, gedung yang terletak di belakang bangunan utama rumah sakit tersebut akan menambah jumlah kamar pasien. “Saat ini kan baru 190 ranjang pasien, kalau jadi (gedung) bisa bertambah. Paling tidak kebutuhan berdasarkan rasio kamar dan jumlah penduduk yakni 250 kamar bisa sedikit terpenuhi,” ungkap Agus Susanto.

Agus mengakui RSUD Muna saat ini masih butuh banyak pembenahan baik aspek pelayanan pegawai maupun fasilitas. Dengan dana Rp.16 miliar, ia berharap pelayanan RSUD Muna akan semakin baik sehingga bisa menjadi rujukan bagi daerah lain. “Ini kan belum lama jadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Pelan-pelan pembenahan itu akan dilakukan,” pungkasnya. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy