Pariwara
Muna

Pemkab Muna Tingkatkan Dimensi Ruas Jalan Warangga

LA ODE ALFIN / KENDARI POS
JALAN : Jalur Warangga merupakan akses utama masuk Kota Raha. Jalur itu kini mulai dilebarkan untuk meningkatkan kapasitas kendaraan yang melintas.

KENDARIPOS.CO.ID — Pemkab Muna terus meningkatkan infrastruktur jalan dibeberapa ruas penting. Salah satu ruas jalan tersebut ialah jalan poros Warangga. Dimensi jalan di jalur yang melintasi kawasan hutan lindung Warangga itu diperlebar. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Muna, Ali Basa menuturkan, poros Warangga menjadi perhatian serius Pemkab. Jalur itu dikenal rawan kecelakaan sebab dimensinya yang tidak sebanding dengan volume kendaraan yang melintas.

Jalur itu memang penghubung utama Kota Raha dan Bandar Udara Sugimanuru di Muna Barat. “Jalur Warangga itu dari enam meter lebar,kami perperlebar lagi untuk mengurangi kerawanan berkendara. Itu sangat urgen,” ujarnya, Senin (10/12). Peningkatan jalan Warangga, kata dia, tidak menelan banyak anggaran. Pemkab hanya mengalokasikan Rp.1,5 miliar. Namun demikian, pelebaran tersebut tidak meliputi keseluruhan ruas jalan, tetapi hanya pada titik rawan kecelakaan. “Terutama dijalan dengan tikungan tajam. Panjang hanya sekitar satu kilometer,” ungkap Ali Basa.

Ia menambahkan, poros Warangga sebenarnya sudah akan dibenahi melalui APBN senilai Rp.30 miliar. Hanya saja, pengerjaannya baru akan dimulai 2019 mendatang. “Kalau pelebaran sekarang hanya untuk mengantisipasi dulu,” pungkas Ali Basa. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy