Pariwara
Bau-bau

Pelabuhan Murhum di Baubau Bakal Dikelola Pihak Ketiga

A
KHIRMAN / KENDARI POS
KELOLA : Pelabuhan Murhum di Kota Baubau bakal dikelola pihak ketiga dalam jangka waktu kontrak tertentu. Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas I Baubau sedang menyiapkan pendukung proses lelang. Tampak aktivitas penumpang di Pelabuhan Murhum.

Pelabuhan Murhum masuk dalam skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU). Nantinya pelabuhan utama di Kota Baubau ini bakal dikelola pihak ketiga dalam jangka waktu kontrak tertentu. Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas I Baubau sedang menyiapkan piranti pendukung untuk memuluskan pelaksanaan lelang. Kepala Sub Bagian Tata Usaha KUPP Baubau, Andrev Kartin Edward mengatakan, lelang pengelolaan pelabuhan Murhum tersebut akan dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). KUPP Baubau hanya sebatas memberikan masukan terkait aspek sosial dan aspek lainnya yang ada di Kota Baubau. “Pelabuhan Murhum merupakan salah satu yang direncanakan masuk dalam KPBU. Ini program Kementerian Perhubungan, kami hanya menjalankan,” ungkap Andrev saat dihubungi akhir pekan lalu.

Sekarang ini, lanjut dia, rencana pelaksanaan pelelangan masih dalam tahap persiapan oleh Kemenhub. Peserta tender pengelolaan pelabuhan Murhum adalah perusahaan yang mempunyai Badan Usaha Pelabuhan (BUP) berdasarkan Undang-undang Nomor 17 tahun 2008 tentang pelayaran. “Belum dilelang. Yang jelas, regulasi dipihak ketigakan ini diatur dalam Perpres Nomor 38 tahun 2015, Permen PPN Nomor 4 tahun 2015, PRK LKKP Nomor 19 tahun 2015, Permenkeu Nomor 60 tahun 2016, dan Permendagri Nomor 96 tahun 2016 tentang KPBU,” sebut Andrev Kartin Edward.

Kedepan, kata dia, pelabuhan Murhum juga akan dilengkapi fasilitas automatic gate (gerbang otomatis) dan X-ray. Dua peralatan ini akan digunakan badan usaha dalam memberikan pelayanan. “Alatnya sedang dikirim, masih dalam perjalanan. Kami juga sedang menunggu tenaga instalasinya dari pusat, karena kami hanya mengoperasikan,” pungkas Andrev Kartin Edward. (ahi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy