Pariwara
Konawe Utara

Alasan Ikut Porprov, ASN Konut Absen

HELMIN TOSUKI / KENDARI POS
KOSONG : Suasana kantor Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Konut tampak kosong disaat jam kerja berlangsung. Tak ada aktivitas pegawai di sana. Informasi yang berhasil dihimpun, kosongnya perkantoran di Konut karena ASN ikut berkumpul di Porprov Kolaka, Rabu (5/12).

KENDARIPOS.CO.ID — Genderang Pekan olahraga provinsi (Porprov) Sultra sudah ditabalkan. Kabupaten Kolaka menjadi tujuan kontingan dari seluruh kabupaten. Kepala daerah hadir di ajang olahraga empat tahunan. Idealnya, ASN tidak mesti absen dan berdalih ikut dalam seremoni pembukaan Porprov. Lain halnya jika ada ASN yang menjadi atlet salah satu cabang olahraga (Cabor), sudah pasti akan izin tidak menjalankan tugas.

Di Kabupaten Konawe Utara, aktivitas perkantoran nyaris lumpuh. Pantauan koran ini, beberapa dinas seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kesbangpol, BPMD, Dispora Konut tanpa pelayanan. Tak ada aktivitas pegawai di kantor-kantor tersebut.  Paling parah di Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP). Kantor tersebut tampak kosong melompong. Tak berpenghuni.

Sementara dinas lainnya masih terlihat beberapa ASN yang beraktivitas. Tak adanya aktivitas dibeberapa organisasi perangkat daerah (OPD) membuat Ketua Komisi I DPRD Konut, Rasmin Kamil bersuara. Dia menyayangkan ada oknum ASN yang mangkir dari tugasnya. “Porprov Sultra di Kolaka memang penting, tapi ASN jangan mengabaikan tugas di Konut (ASN). Memang ada beberapa OPD yang menjadi  penaggungjawab cabor, namun jangan juga pegawainya ke Kolaka semua,” sindir Rasmin Kamil, Rabu (5/12).

Ketua PKB Konut itu menjelaskan agar kegiatan Porprov Sultra dan kinerja ASN Konut harus berjalan seiring. Harusnya pemimpin OPD membagi tugas pada ASN yang akan berangkat di Kolaka dan bertugas dikantor agar pelayanan tetap jalan. “Harusnya ada yang tinggal juga. Supaya tidak kosong pelayanan. Selaku Ketua Komisi I yang membidangi pemerintahan sangat mendukung kegiatan Porprov. Kalau ada SKPD yang membackup atletnya. Tetapi secara bersamaan pelayanan di Konut juga jangan diabaikan,”ungkap Rasmin Kamil saat ditemui.

Dia meminta agar tugas OPD berjalan sesuai dengan koridornya. Menurutnya Sekab Konut, dr Martaya harusnya mengintruksikan agar pelayanan publik oleh OPD berjalan maksimal dengan melakukan pembagian tugas pada masing-masing ASN. “Jangan kumpul semua di Kolaka. Kita berharap besok sudah terisi OPD-nya,” tegas Rasmin Kamil.

Terkait kekosongan beberapa OPD di Konut, Sekretaris Daerah, dr Martaya, yang dikonfirmasi enggan merespons. Pesan singkat yang dikirim via aplikasi whatsapp tidak dibalas. (min/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy