Pariwara
Kolaka Timur

Pemkab Koltim Konsultasi ke Pemprov Terkait Belum Ditetapkannya APBD 2019

Eko SB Saula

KENDARIPOS.CO.ID — Keseriusan anggota DPRD Koltim membahas APBD 2019 patut dipertanyakan. Dokumen anggaran daerah itu belum ditetapkan lantaran jumlah anggota dewan yang hadir tidak kuorum. Rapat paripurna DPRD Koltim hanya dihadiri 12 dari 25 anggota dewan, beberapa waktu lalu. APBD 2019 pun urung ditetapkan.

Pj. Sekab Koltim, Eko SB Sauala mengatakan, Pemkab Koltim melalui Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah sedang konsultasi kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terkait langkah yang harus ditempuh untuk penetapan APBD. “Kita tunggu saja seperti apa hasilnya. Kami berharap penetapan APBD 2019 bisa tuntas lebih cepat,” ujar Eko SB Sauala.

Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) itu mengatakan hubungan kerja antara Pemkab dan DPRD Koltim selama ini baik-baik saja. Semua pembahasan dan rapat paripurna juga selalu dihadiri Pemkab Koltim. Eko SB Sauala tak mengetahui pasti alasan beberapa anggota dewan memilih tak hadir dalam rapat paripurna. “Kalau kami selalu siap untuk penetapan APBD 2019,” ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua I DPRD Koltim, Djuliansih Silondae mengaku tak tahu pasti alasan beberapa anggota dewan tak hadir rapat paripurna terkait penetapan APBD 2019. Sejatinya rapat paripurna penetapan APBD dihadiri seluruh atau lebih dari separuh jumlah anggota dewan agar kuorum pengambilan keputusannya.

“Kalau wakil ketua II sedang tugas di luar daerah. Kalau yang lain saya tidak tahu kemana. Memang, pembahasan komisi-komisi sangat padat sehingga mungkin saja ada halangan. Kita serahkan saja di Pemprov Sultra yang menengahi persoalan ini,” ujarnya. (kus/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy