Pariwara
Buton

Pesta Adat Takimpo di Buton Jadi Obyek Wisata Kuliner

Suasana Pesta Adat Takimpo di Buton

KENDARIPOS.CO.ID — Helatan pesta adat tahunan Pikolaliwua Takimpo Lipu Ogena yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton mendapat apresiasi dari Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Ali Mazi. Pesta adat di Desa Takimpo tersebut bahkan akan dijadikan program wisata kuliner tahunan di Buton.

Gubernur Sultra, H. Ali Mazi, mengatakan, budaya pesta adat tahun yang digelar masyarakat Buton, khususnya Desa Takimpo, Kecamatan Pasarwajo, merupakan upaya pelestarian nilai-nilai budaya dari leluhur. “Ini punya nilai tersendiri buat masyarakat Takimpo dan harus terus dilestarikan,” pintanya. Sultra-1 tersebut menjelaskan, pesta adat Pikolaliwua mengandung makna religius. Pelaksanaannya dilakukan untuk menghimpun doa pada Yang Maha Kuasa, agar saat musim tanam mendapat berkah dan mendapatkan hasil baik.

Dalam ritual adata tersebut, terlihat banyak sajian kuliner khas daerah yang disajikan dalam talang. “Ini merupakan salah satu bukti kekayaan kuliner yang ada di Buton. Tentu kedepannya dapat kita kemas sebaik mungkin, sehingga menjadikan acara ini sebagai objek wisata kuliner ciri khas Buton yang akan meningkatkan kesejahtraan masyarakat,” ungkapnya. Dalam kesempatan tersebut, Ali Mazi berterima kasih pada masyarakat Buton yang telah memberikan kepercayaan dan doa restu padanya agar dapat membangun Sultra. (b/mel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy