Pariwara
Konawe Kepulauan

Peringkat 12, Konkep Bukan DOB Lagi

H. Amrullah

KENDARIPOS.CO.ID — Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), kini sudah tidak menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) lagi. Otorita yang mekar sejak tahun 2013 lalu dari kabupaten induk, Konawe, sudah melepas statusnya sebagai DOB. Artinya, ancaman Pulau Wawonii kembali di kabupaten induk telah berakhir. Konkep berada pada peringkat 12 sebagai DOB yang usia pemerintahannya berjalan lima tahun. Skornya 85,25 dan masuk kategori sedang. Itu sesuai penilaian Dirjen Otonomi Baru, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Meski berada pada urutan kedua dari terakhir dengan mengalahkan Kabupaten Banggai Laut dan Pegunungan Arfak, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konkep, tetap bersyukur. Pasalnya, momok kembali di kabupaten induk sudah tidak ada lagi. Bupati Konkep, H. Amrullah, mengatakan, Pemkab masuk kategori sedang dalam penilaian DOB. Meski begitu, daerah yang dikenal dengan sebutan Pulau Wawonii tersebut tetap memenuhi syarat melanjutkan roda pemerintahan sebagai daerah mandiri.

“Alhamdulillah kita bergembira dan bangga karena Konkep bukan DOB lagi,” kata Bupati Konkep, H. Amrullah, akhir pekan lalu. Terlepas dari status DOB, tantangan yang dihadapi Pemkab Konkep dan masyarakat justru semakin berat. “Karena kriteria penilaiannya juga sudah bertambah banyak,” tandas Konkep-1 itu. (c/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy