Pariwara
Wakatobi

Jamin Kesehatan Masyarakat, Bupati Wakatobi Maksimalkan Program KIS Bersinar

KENDARIPOS.CO.ID — Program Wakatobi Bersinar yang telah dilaunching tahun lalu secara bertahap telah terealisasi. Salah satunya, kartu Indonesia sehat (KIS) bersinar. Program kesehatan bersinar ini bahkan ditarget bisa mencapai 95 persen pada tahun 2019 mendatang. Hal itu diungkapkan Bupati Wakatobi, H. Arhawi.

Dia mengaku setelah dua tahun menjabat, sebanyak 8.000 KIS Bersinar Wakatobi telah disalurkan untuk masyarakat yang kurang mampu. Pasangan Ilmiati Daud ini telah berulang kali melakukan kunjungan ke seluruh pulau di Wakatobi. Dia ingin melihat langsung kondisi masyarakatnya serta memastikan mereka memiliki jaminan kesehatan tersebut. Ia meminta agar seluruh intansi terkait serta camat, lurah dan kepala desa melakukan rapat koordinasi terkait data masyarakat.

“Supaya kita tahu masih ada berapa masyarakat yang belum mengantongi KIS. Kita berharap tahun 2019 mendatang, sudah 95 persen masyarakat memiliki jaminan kesehatan,” ungkap Arhawi, Jumat (7/9). Ketua KONI Wakatobi menambahkan, kepemilikan kartu jaminan kesehatan baik dari pusat hingga melalui APBD memiliki manfaat luar biasa untuk masyarakat. Khususnya bagi yang kurang mampu tentu bisa mengurangi beban jika melakukan pelayanan kesehatan.

“APBD Wakatobi tahun 2018 lebih dari Rp 800 miliar. Dari anggaran ini, kita sudah alokasikan untuk program Kesehatan Bersinar. Begitu juga dengan tahun 2019 mendatang. Kita akan melihat berapa banyak masyarakat yang belum memiliki kartu ini sehingga kita bisa intervensi melalui anggaran,” janjinya.

Program Kesehatan Bersinar yang dilaunching 2017 lalu, dianggarkan sebesar Rp 2 miliar lebih. Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), warga Wakatobi sebanyak 110.303 jiwa. Lebih dari 60 persen diantaranya telah mengantongi jaminan pelayanan kesehatan. Selain itu, sekira 27 ribu warga Wakatobi diakui lembaga terkait masih belum mengantongi jaminan kesehatan. Namun, dari angka ini belum diketahui secara pasti yang layak menerima KIS Bersinar. (b/thy)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778