Pariwara
Buton

Satlantas Polres Buton Gagas Layanan SIM Keliling

Iptu Syahrul

KENDARIPOS.CO.ID — Sudah menjadi keharusan, setiap pengendara mesti memiliki surat izin mengemudi (SIM). Di Kabupaten Buton, tingkat kesadaran warga dalam memiliki SIM masih minim. Kepala Satuan Lalulintas (Kasatlantas) Polres Buton, Iptu Syahrul, mengakui, dengan kondisi tersebut pihaknya berrencana melakukan sistem “jemput bola” dalam meningkatkan antusias warga memiliki lisensi mengemudi.

“Rencana kita akan berlakukan pembuatan SIM keliling dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki SIM,” ujarnya, Senin (3/9). Pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait, termasuk pada Kapolres Buton dan Direktorat Lalulintas (Dirlantas) Polda Sultra. “Sekarang kita lagi memersiapkan segala sesuatunya. Kita usahakan secepatnya, sehingga dalam waktu dekat sudah bisa merealisasikan rencana itu,” janjinya.

Iptu Syahrul mengaku, gagasan tersebut merupakan inisiatif dan cara yang harus dilakukan untuk menarik minat masyarakat di Kabupaten Buton. “Masyarakat kurang berminat mengurus dan memiliki SIM, karena salah satu kendalanya faktor jarak ke Polres yang begitu jauh. Makanya saya berinisiatif membuat SIM keliling,” idenya. Beberapa bulan lalu, pihaknya sudah melakukan uji coba dengan mendatangi Polsek-Polsek. “Hanya masalahnya, masyarakat belum banyak yang tahu jika ada tim Satlantas di sana (Polsek),” terangnya.

Jika berjalan baik, ke depan dalam pembuatan SIM keliling, pihaknya akan bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas di masing-masing wilayah serta pihak-pihak terkait seperti camat dan lurah/kepala desa untuk menyosialisasikan pembuatan SIM keliling tersebut. “Jadi nanti camat, lurah atau kepala desa yang undang kami jika masyarakat sudah siap untuk buat SIM. Tidak gratis, sebab ada penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dari pengurusan SIM tersebut, sesuai aturan yang ada,” tandasnya.

Untuk diketahui, tahun 2018 ini, Satlantas Polres Buton mendapatkan sekitar 2.000 keping SIM dan telah digunakan. Saat ini masih tersisa sekitar 900 keping. (c/mel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778