Pariwara
Buton

KPK Minta Pemkab Buton Terapkan Sistem Elektronik

La Bakry

KENDARIPOS.CO.ID — Pihak Deputi Pencegahan Komisi Pemeberantasan Korupsi (KPK) RI terus mengasistensi seluruh kepala daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra), termasuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton. Salah satu poin yang hendak ditekankan pada kepala daerah, agar menjalankan program kerja dengan berbasis digitalisasi.

Bupati Buton, La Bakry, mengakui, kedatangan Deputi Pencegahan KPK Sultra di Buton belum lama ini bermaksud menyarankan agar dalam menjalankan proses program kerja sudah harus berbasis elektronik. “Dalam proses penyelenggaraan pemerintah terutama yang bersentuhan langsung dengan pelayanan pada masyarakat, sudah harus serba elektronik. Dengan cara seperti itu maka area-area rawan korupsi dapat dihindari,” ujar Buton-1 itu, akhir pekan lalu.

La Bakry menambahkan, sedikitnya ada 10 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Buton yang akan menjalankan proses penyelenggaraan program kerja pemerintah berbasis elektronik. Mulai dari Inspektorat, BKD, LPSE hingga Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa. “Ini sudah harus tuntas semua pengurusannya, sehingga pekerjaan dapat dijalankan secara elektronik tahun ini. Kepada 10 SKPD ini harus mampu mengikuti sistem dari kementerian teknis masing-masing yang sudah online. Penyesuaian secepat mungkin harus dilakukan agar mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi gampang diakses dan dapat dilihat. Karena sekarang sudah serba transparan. Kita juga sudah menyiapkan ruangannya di gedung C lantai dasar untuk mendukung program pelayanan tersebut, ” paparnya.

La Bakry berharap tahun depan, Pemkab Buton sudah memiliki situs sendiri yang dapat terkoneksi dari Bappeda dengan setiap SKPD, hingga kementerian teknis. “Seharusnya sekarang ini, Pemkab dengan kementerian teknis sudah masuk dalam aplikasi Krisna (Kolaborasi Perencanaan dan Informasi Kinerja Anggaran). Aplikasi ini merupakan integrasi kementerian teknis yang dituangkan dalam bentuk sistem untuk mendukung proses perencanaan, penganggaran, serta pelaporan informasi kinerja,” sambungnya.

Jika Pemkab Buton dapat menyesuaikan dalam aplikasi Krisna, maka langkah selanjutnya adalah tinggal bagaimana menyakinkan kementerian teknis atas apa yang telah direncanakan SKPD. Dengan begitu program kementerian dapat diambil alih dalam rangka menjalankan dan menyukseskan program nasional di daerah. (b/mel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778