Pariwara
Kolaka Utara

DKP Kolut Sukses Panen Perdana Rumput Laut

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS DEMPLOT : Panen perdana rumput laut hasil budi daya kelompok nelayan darat “Tak Disangka” yang dilakukan bersama DKP Kabupaten Kolaka Utara.

KENDARIPOS.CO.ID — Panen perdana rumput laut hasil budi daya kelompok nelayan darat “Tak Disangka” dilakukan bersama Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut). Budi daya itu sukses dikembangkan pada demontration plot (Demplot) percontohan warga di Desa Kalahunde, Kecamatan Pakue Tengah seluas dua hektare. Kabid Pemberdayaan dan Pengembangan SDM Dinas Perikanan, Hasbi, melalui Kasi Kemitraan Usaha dan Informasi Masyarakat Perikanan, Nursaiben, menjelaskan, pengembangan rumput laut yang menjadi Demplot DKP itu hanya menyebarkan bibit tiga ton. Setelah dipanen, hasilnya sudah mencapai 10 ton untuk pengangkatan pertama. “Satu minggu jangka panen, namun melebihi target karena hasilnya banyak,” ujar Nursaiben.

Sepengetahuannya, telah berlangsung dua kali budi daya rumput laut di masyarakat namun selalu gagal. Setelah DKP melibatkan diri dengan membuka Demplot, hasilnya cukup memuaskan. Menurut Nursaiben, ada langkah yang salah dalam proses saat itu. “Saat melakukan penanaman mereka (petani rumput laut) mengeringkan tambak dan terkadang hanya selang sehari kembali diairi. Padahal media yang sudah dikosongkan terlebih dahulu harus steril dari keong dan hewan sejenisnya dalam kubangan. Karena itu yang akan habisi rumput laut. Bayangkan di tambak itu tiga karung kami buang,” bebernya.

Bibit yang dibudi daya itu didatangkan dari Morowali, Sulawesi Tengah. Total anggaran yang dikeluarkan sebesar Rp 233 juta melalui DAK 2018. Pihak DKP Kolut juga menyediakan perangkat pendukung lainnya untuk budi daya. Melihat panen sukses, telah ada tiga penambak di daerah itu tertarik dan meminta bibit untuk budi daya. Sementara menyangkut penjualan hasil produksi, juga tidak sulit. Buktinya, sudah ada pembeli yang akan menampung hasil panen mereka. “Untuk perikanan darat rumput laut sangat potensial dikembangkan karena selama ini nelayan tahunya hanya cocok di laut,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, kesuksesan budi daya itu juga didorong kinerja para penyuluh di lapangan. Saat panen perdana, Kepala DKP Kolut, Muhlis Usman, bersama para kepala bidang terlibat langsung memetik hasil program kerja instansinya. (b/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778