Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Kadin Sultra Apresiasi Program e-Smart Kemenperin

Sekretaris Kadin Sultra, Jaffray Bittikaka (berdiri) saat menyampaikan dukungan terkait kegiatan yang akan dilaksanakan Kemenperin RI, beberapa waktu yang lalu. Foto: Dokumen Pribadi

KENDARIPOS.CO.ID — Dalam rangka meningkatkan pendapatan Industri Kecil Menengah (IKM) di Sultra, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberikan pelatihan program e-Smart bagi 80 Industri Kecil Menengah (IKM) di Sultra, beberapa waktu lalu.

Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sultra Jaffray Bittikaka mengapresiasi program yang dilakukan oleh Kemenperin tersebut. Menurutnya, dengan adanya program tersebut, IKM di Sultra dapat mengoptimalkan pemasaran UMKM secara online.

Selain itu, tentunya program tersebut mempertahankan keberlangsungan akun IKM tersebut dalam marketplace untuk memperluas akses pasar sampai ke tingkat global. “Sudah saatnya IKM menata dan mengembangankan pasarnya. Saya melihat semua pihak, instansi pemerintah, lembaga keuangan, perguruan tinggi, asosiasi profesi secara sinergi dan terintegrasi bekerja sama dengan IKM sebagai pilar ekonomi nasional yang tangguh,” terang Jaffray, Rabu (29/8).

Hingga Agustus 2018, lanjut dia, tercatat sebanyak 3.450 IKM telah mengikuti program pelatihan e-Smart yang digaungkan Kemenperin. “IKM yang tergabung dan telah mengikuti program ini terdiri dari 9 komoditas yaitu makanan dan minuman, logam, perhiasan, herbal, kosmetik, fesyen, kerajinan, furnitur, dan industri kreatif lainnya,” jelasnya.

Jaffray juga mengungkap bahwa kesulitan yang dihadapi IKM yang ada di Sultra selama ini adalah karena masih terbatasnya jaringan pemasaran, packaging belum rapi, dan outlet yang terbatas. “Dengan adanya program e-Smart ini, diharapkan masalah atau kesulitan yang menjadi problem IKM, dapat segera teratasi,” imbuhnya.

Ia berharap setelah mengikuti program ini, pelaku IKM dapat merealisasikan di lapangan, karena dalam persaingan belanja online saat ini semakin ketat. Ini juga yang menjadi alasan, mengapa Kemenperin memonitor dan mengevaluasi serta menyiapkan program pendampingan bagi IKM sehingga tujuan e-Smart dapat tercapai.

“Kegiatan semacam ini harusnya dapat diperluas dan diaplikasikan dalan dunia usaha IKM, karena program ini harus berkesinambungan dan berjenjang supaya tidak berhenti sebelum IKM itu berhasil,” pungkasnya. (ags/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778