Pariwara
Politik

Koordinasi dengan Pemkot, KPU Kendari Godok Lokasi Pemasangan APK

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Masa kampanye akan dimulai tiga hari pasca penetapan daftar calon tetap (DCT). Agar tidak semrawut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari akan menyiapkan lokasi pemasangan alat peraga kampanye (APK).

Komisioner KPU Kota Kendari, Asril mengatakan akan segera berkoordinasi dengan pemerintah kota (Pemkot) menyangkut titik kampanye. Ada beberapa opsi yang disiapkan KPU. Salah satunya menggunakan lokasi yang sama dengan Pilkada serentak lalu. Namun demikian, pihaknya tetap melakukan komunikasi dengan Pemkot Kendari sebab sudah menjadi prosedur.

Semua kontestan kata dia, wajib memasang APK di titik yang telah ditentukan. Tidak hanya bagi Caleg DPRD Kota Kendari, namun juga DPRD provinsi, DPR RI, DPD RI maupun tim kampanye pasangan Capres. Makanya, lokasi yang menjadi titik pemasangan APK harus memadai. Sebab cukup banyak APK yang akan terpasang.

“Hitungan sederhananya, Dapil I Puuwatu-Mandonga itu ada 8 kursi. Nah jika dijumlahkan 8 kursi tersebut dikalikan 15 parpol yang masing-masing katakanlah 8 bacaleg maka akan berjumlah 120 APK Bacaleg. Belum lagi DPRD provinsi, DPR RI, dan DPD termasuk presiden. Akan banyak satu titik,” kata Asril saat ditemui diruang kerjanya Rabu (29/8).

Dengan beberapa pertimbangan tersebut, pihaknya harus berbicara kembali dengan pemerinta tetang titik-titik APK. Kalau memang tidak ada penambahan berarti tetap merujuk pada titik kampanye 10 kecamatan.

“Konsultasi untuk menentukan titik APK ini yang dipertimbangkan pertama adalah APK jangan menghalangi aktivitas masyarakat, kemudian tidak berada tempat publik. Pasalnya, hadirnya APK tidak sebagai pengganggu untuk masyarakat kita. Kemudian, juga harus kita tentukan dengan estetika keindahan kota tetap kita jadikan hal yang kita kedepannya,” tambahnya.

Sesuai tahapan, masa kampanye akan dimulai bersamaan dengan jadwal pemasangan APK yakni 3 hari setelah penetapan DCT 20 September 2018 mendatang . Hal itu merujuk pada PKPU nomor 5 tahun 2018 yang mengatakan kampanye dilakukan pada 23 September 2018 sampai 14 April 2019. “Kurang lebih 7 bulan efektifnya masa kontestan mensosilisasikan diri dan berkampanye,” pungkasnya. (c/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778