Pariwara
Konawe Utara

Kelapa Sawit tak Produktif di Konut Diremajakan

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Pertanian dalam kendali kepemimpinan Amran Sulaiman akan melakukan peremajaan ribuan pohon kelapa sawit yang dianggap tak produktif di Konawe Utara (Konut). Kebijakan replanting kelapa sawit itu disampaikan Kepala Dinas Perkebunan Konut, Suleman K.
Ada sekitar 2.500 hektare lahan kelapa sawit di Wiwirano dan Landawe yang akan diremajakan sesuai petunjuk yang diberikan pihak Kementan.

“Lahan perkebunan ini merupakan milik masyarakat yang bermitra dengan PTPN. Kelapa sawit itu telah memasuki usia tak produktif. Sehingga inilah yang akan diremajakan kembali agar memiliki nilai ekonomis,” ujar Suleman, Rabu (29/8). Untuk melakukan replanting kelapa sawit, Dinas Perkebunan Konut kini tengah melengkapi dokumen persyaratan para pemilik lahan. Mulai dari fotokopi KTP, surat keterangan kepemilikan tanah (SKT) maupun sertifikat.

“Insya Allah, kalau sudah rampung bisa dilaksanakan peremajaan pada bulan September. Tapi semuanya masih menunggu persetujuan dari pusat,”ujarnya. Mantan Kabag Pemerintahan Sekretariat Pemkab Konut itu menjelaskan, rencana replanting kelapa sawit itu masih dalam penguasaan PTPN dengan melakukan pola kemitraan bersama pemilik lahan. Hal itu dikuatkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

“Yang mau diremajakan itu lokasi plasma PTPN. Luasan lahan PTPN 3.000 Ha. Disinikan warga masih punya hutang, sehingga ini yang dicarikan solusinya. Karena kepemilikan tanah warga diagunnkan pada Bank Agro. Sehingga semua dokumen tanah masyarakat ada di lembaga perbankan tersebut,” jelas Suleman. Ia menuturkan, pihaknya sudah mendatangi Bank Agro, tempat dokumen pertanahan warga yang diagunnkan PTPN. Hasilnya, pihak bank sangat mengapresiasi kebijakan pemerintah dalam melakukan peremajaan kelapa sawit di Konut.

“Utang petani plasma itu secara keseluruhan ada sekitar Rp 7 miliar lebih yang masuk dalam 2.500 hektare. Artinya, replanting ini sebagai solusi untuk membantu warga, kemudian ke depan akan menjadi sawit mandiri,” pungkasnya. (c/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778