Pariwara
Kolaka Utara

Kadis Perhubungan Kolut : Melebihi Dimensi, Bak Pengangkut Dipotong

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
TINDAK : Kendaraan pengangkut yang memiliki dimensi melebihi ukuran akan ditindak. Tampak petugas Dishub Kolut mulai melakukan sosialisasi ke para sopir yang melintas di daerah itu.

KENDARIPOS.CO.ID — Kendaraan pengangkut yang memiliki bak melebihi ukuran panjang, lebar dan tinggi sesuai ketentuan yang melintas di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), akan ditindak. Sebelum hal itu dilakukan, pihak Dinas Perhubungan (Dishub) setempat, lebih dahulu akan melakukan sosialisasi pada sejumlah sopir agar ditindaklanjuti sebelum terjaring operasi.

Kadis Perhubungan Kolut, Junus, menjelaskan, penindakan yang akan dilakukan itu sesuai surat edaran dari Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Darat tanggal 1 Maret 2018. Ditekankan dalam pemberitahuan tersebut, kendaraan harus digunakan sesuai ukuran dan berat beban angkut dengan tidak merubah rancangan.

Sebab tak jarang, dimensi pengangkut barang atau ekspedisi yang melintas di Kolut ukurannya melebihi ketentuan. Untuk bak misalkan, mereka merancang ulang dengan menambah panjang serta tinggi bak agar bisa mengangkut barang dengan jumlah banyak. Akibatnya, selain melanggar ukuran, juga melebihi beban angkut. “Selain menyiksa kendaraan, di Kolut ini sudah sering truk terguling karena tak mampu menanjak,” ujar Junus, Rabu (29/8).

Kasi Angkutan Dishub Kolut, Ferry Nugraha, menambahkan, dalam upaya penertiban usai dilakukan sosialisasi akan dilakukan penandaan berupa cat semprot warna di bak pengangkut terkait batas ukuran. Yang melebihi ketentuan itu wajib dipotong. Sementara jika ada yang melebihi kapasitas angkut khususnya kendaraan yang memasuki terminal penyeberangan laut (Tobaku-Siwa) melebihi beban, wajib dibongkar. Telah ada tempat penitipan barang berupa gudang untuk menyimpan sisa muatan.

“Tergantung sopir, apakah sisa barangnya kembali akan dimuat lagi setelah melakukan pembongkaran atau menggunakan kendaraan pengangkut lainnya agar tidak bolak balik,” ujarnya. Setidaknya, untuk kapasitas berat angkut kendaraan telah ada dicantumkan di masing-masing bak kendaraan. Selain itu, Dishub Kolut juga banyak menjumpai buku uji berkala kendaraan yang tidak berlaku lagi karena harus diperbaharui. “Ke Dishub kalau mau diperbaharui, karena sehari saja bisa selesai. Kecuali izin angkut itu berurusannya ke provinsi,” tuturnya.

Tidak hanya itu, bagi kendaraan pengangkut material juga wajib mengenakan penutup sepreti terpal, agar tidak mengganggu kendaraan di belakangnya. Demikian juga pengangkut barang dengan bak terbuka juga akan diatur dengan menggunakan perangkat pelindung (teralis) agar barang bawaan tidak mudah jatuh yang beresiko bagi pengendara lainnya. “Lebih jelasnya terkait berapa ukuran maupun berat secara rinci akan disampaikan lengkap saat sosialisasi. Setelah dijelaskan, tergantung sopir apakah ditindaklanjuti atau memilih ditindak,” tandas Ferry Nugraha. (b/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778