Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Sambut Industri 4.0, Pengusaha Harus Jaga Kualitas Produk

Sitti Saleha

KENDARIPOS.CO.ID — Revolusi industri 4.0 sudah di depan mata. Saat ini revolusi industri generasi keempat ini, mulai marak dibahas dalam forum-forum resmi. Tak terkecuali Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sultra, Hj. Sitti Saleha. Katanya, industri 4.0 adalah nama tren otomasi yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber.

Lanjut dia, menuju Industri 4.0, para pelaku usaha khususnya di Sultra mesti menyiapkan amunisi mereka untuk menghadapi saat-saat itu nanti. Pengusaha wajib memiliki teknologi, konsep sistem, paradigma berpikir dan tak lupa adalah kualitas produk yang mumpuni dari hasil usahanya. “Industri 4.0 berhubungan dengan teknologi, konsep sistem dan paradigma berpikir pengusahanya,” ujarnya, Jumat (24/8) lalu.

Saleha pun menjelaskan, Industry 4.0 adalah tantangan yang tidak bisa dihindari oleh para pelaku usaha terutama Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Pelaku usaha terutama UMKM mesti beradaptasi dengan perkembangan industri yang makin mesra geliatnya dengan teknologi.

“Sebetulnya sudah tantangan di depan mata, tantangan yang wajib kita benar-benar hadapi. Harus ada gebrakan yang harus kita siapkan,” tutur Mantan Plt Bupati Bombana ini.

Ia mengaku bersyukur, saat ini sudah banyak pengusaha dan pelaku pasar sadar betapa pentingnya teknologi untuk membantu produk semakin dikenal luas. Salah satu pola pikir yang sering salah kaprah adalah dalam memulai berbisnis. Jika ingin memulai menjadi pebisnis, pelaku usaha juga tidak boleh asal-asalan dengan produk awalnya. Dalam berbisnis juga, visi dan tujuan pemilik mendirikan juga penting untuk dipikirkan oleh pengusaha. Pelaku usaha harus bisa menjaga kualitas hasil produknya sesuai dengan standar yang diterapkan,” jelasnya.

Ditambahkan, sebagai onwer atau pemilik bisnis sebenarnya tidak perlu terjun langsung mengerjakan semuanya. Namun, menjaga kualitas hasil produk sesuai standar adalah kewajiban. Tidak boleh ada celah, hal itu agar produk usaha tetap diminati konsumennya. (ags/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778