Pariwara
Politik

KPU Sultra Tidak Siapkan Surat Suara Khusus, Pemilih Tuna Netra, Bisa Didampingi

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Meski masih tersisa tujuh bulan lagi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra mulai mempersiapkan diri menghadapi Pemilu 2019. Tidak hanya fokus pada pemutakhiran data pemilih dan verifikasi bakal calon anggota legislatif (Bacaleg), penyelenggara juga memberi perhatian pada pemilih berkebutuhan khusus. Untuk memudahkan para penyandang disabilitas menyalurkan hak pilihnya, KPU Sultra akan memberikan perlakuan khusus.

Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir Muthalib mengatakan pemilih disabilitas di Sultra sebagian besar adalah tuna netra. Berdasarkan aturan, penyelenggara akan menyiapkan surat suara khusus bila jumlah pemilih tuna netra lebih dari 10 orang tiap tempat pemungutan suara (TPS). Namun di Sultra jumlahnya hanya satu atau dua orang. Yang paling banyak yakni 9 orang di satu TPS di Baubau.

“Karena tidak memenuhi syarat, maka KPU membolehkan adanya pendampung. Bisa didampingi keluarganya atau petugas TPS. Dengan begitu, mereka bisa menggunakan haknya pada pemilihan calon anggota legislatif (Pilcaleg) dan pemilihan presiden (Pilpres),” kata pria yang akrab disapa Ojo ini akhir pekan lalu.

Namun untuk bisa mendampingi sambungnya, pendamping harus menandatangi surat pernyataan. Selain tidak boleh mempengaruhi, pendamping harus merahasiakan pilihan pemilih tersebut. “Jadi, tidak serta merta bisa menjadi pendamping,” ujar mantan komisioner KPU Kota Kendari.

Selain itu, KPU Sultra juga memberi perhatian khusus wajib pilih yang tengah sakit atau menjalani perawatan di rumah sakit. Untuk mengakomodir mereka, KPU akan menyiapkan TPS khusus. Perlakuan yang sama juga dilakukan bagi wajib pilih di rumah tahanan (Rutan) dan lembaga pemasyarakatan. (c/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778