Pariwara
Edukasi

Unhas Target 5 Besar Peringkat Perguruan Tinggi Terbaik

Dwia Aries Tina Palubuhu.

KENDARIPOS.CO.ID — Posisi Unhas (Universitas Makassar) naik dalam daftar peringkat perguruan tinggi terbaik di Indonesia tahun 2018 yang dilansir kemenristekdikti. Unhas berhasil naik satu peringkat di urutan ke delapan. Pada 2016 lalu, Unhas masih di peringkat 11 kemudian 2017 berada di posisi 9. Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali menempati peringkat satu, setelah pada periode 2017 disalip oleh UGM. Sementara Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Indonesia (UI) tetap bertahan di posisi ketiga dan keempat.

Universitas Padjadajaran (Unpad) naik lumayan signifikan. Tahun lalu Unpad berada di urutan 14 dan sekarang naik di posisi sembilan. Peringkat delapan besar berdasarkan penilaian Kemenristekdikti tak membuat Unhas lantas berpuas diri. Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu menegaskan, Unhas harus senantiasa gigih bersaing dengan perguruan tinggi lain.

“Bagi kami, torehan ini pemicu semangat untuk bisa terus naik lagi. InsyaAllah, Unhas bisa lima besar pada pemeringkatan selanjutnya,” ucapnya, seperti diberitakan Fajar (Kendari Pos Group). Rektor Unhas dua periode itu menjelaskan, sejauh ini telah memperbaiki semua aspek seperti menaikkan akreditasi. Program studi (prodi) strata satu (S1) kini 79 persen akreditasi A. Dalam waktu dekat akan menjadi 80 persen, karena ada beberapa prodi yang akan diakreditasi.

“Nah, sekarang saya juga dorong Unhas supaya prodinya terakreditasi internasional. Bukan A saja,” tutur Dwia. Tahun lalu, ada delapan prodi. Targetnya, tahun ini tambah 18 prodi lagi terakreditasi internasional. Jadi total akan menjadi 26 prodi terakreditasi internasional.

Dwia merinci, prodi yang akan diincar untuk memperoleh akreditasi internasional yakni, Fakultas Kedokteran Gigi, Agribisnis, Manajemen, Arsitektur, Komunikasi, Arkeologi, Teknik Pertanian, Peternakan, Sastra Inggris, Akuntansi, Ilmu Gizi, Agroteknologi, Ilmu Teknologi Pangan, Budidaya Perairan, Farmasi, dan Keperawatan.

“Saat ini saya memfokuskan prodi terakreditasi internasional agar alumni pun punya kualifikasi internasional,” terangnya. Terkait inovasi yang menjadi salah satu kategori pemeringkatan, Dwia mengaku sangat bersyukur karena Unhas bisa menempati posisi keempat. Unhas kini memiliki 103 paten, 62 hak cipta, dan telah mendaftarkan 32 merek.

Capaian ini juga diimbangi dengan pembentukan pusat unggulan inovasi di setiap fakultas. Empat di antaranya telah mencapai tahap kematangan. “Yakni kluster inovasi gula aren, industrialisasi garam rakyat, pengembangan rumput laut, dan Maiwa Breeding Center. Pada 2017 lalu, kami mengalokasikan lebih Rp21,6 miliar untuk dana inovasi,” rinci Dwia. (jpnn)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778