Pariwara
Metro Kendari

Seribu Sertifikat Gratis untuk Pekerja Konstruksi di Sultra

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Kabar gembira bagi para pekerja konstruksi di Sultra, khususnya mereka yang belum mengantongi sertifikat tenaga kerja terampil. Tahun ini, Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Nasional meluncurkan program 10 ribu sertifikat gratis untuk pekerja kontruksi itu.

Kepala LPJK Sultra, Buhardiman menuturkan dari 10 ribu target nasional, Sultra menargetkan 1.000 orang yang akan berpartisipasi. “Ini kesempatan, karena terus terang masih sangat banyak tenaga ahli kita yang belum bersertifikat,” ujarnya, Selasa (14/8).

Ke depan kata dia, pengawasan proyek nasional akan semakin ketat. Mereka yang tak mengantongi sertifikat, tidak diperbolehkan terlibat dalam pekerjaan proyek. “Itulah alasan LPJK ini membuat program sertifikat gratis. Tahun 2019, pengawasan ketat, awalnya memang di proyek APBN, setelah itu Pemda juga akan memberlakukan wajib sertifikasi,”urai Buhardiman.

Terlebih lagi, perpanjangan lisensi LPJK Sultra baru saja disetujui. Sehingga, sertifikasi badan usaha dan tenaga kerja itu bisa tetap dilakukan di Sultra di bawah kendali LPJK Sultra. “Ini bentuk kepercayaan pusat untuk kita, karena banyak juga daerah yang tidak mendapat lisensi, sehingga sertifikasinya harus dicari ditempat lain. Kita bisa lakukan di sini dan gratis,” ungkap Buhardiman.

Masih kata Buhardiman, sertifikasi itu akan diselenggarakan secara nasional pada 31 Oktober sampai 2 November yang dirangkaikan peringatan hari konstruksi nasional.Di Sultra, pekerja kontruksi baru 4.000 orang yang bersertifikat. Padahal ada 3.000 badan usaha yang terdaftar. Minimal satu badan usaha memiliki empat pekerja bersertifikat. Mestinya ada 12 ribu orang yang terdaftar di data base.”Tapi faktanya memang jauh sekali kesenjangannya. Olehnya itu diimbau mendaftar dan nanti disesuaikan dengan persyaratannya,”pungkas Buhardiman. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778