Pariwara
Politik

Bacaleg Konut Terus Mengerucut

Asmul

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe Utara (Konut) baru saja menyelesikan pleno penetapan daftar calon sementara (DCS). Hasilnya, empat bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) tidak memenuhi persyaratan sehingga dinyatakan gugur.

Komisioner KPUD Konut, Asmul mengatakan hanya 13 partai politik (Parpol) yang mengajukan berkas Bacalegnya. Partai Garuda, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) tidak menyerahkan berkas. Namun dari daftar Bacaleg yang diajukan sebanyak 260 orang, jumlahnya terus menurun.

“Setelah melalui masa perbaikan, kini tersisa 247 Bacaleg. Setelah dilakukan verifikasi dokumen syarat calon, ternyata masih ada 4 Bacaleg yang dinyatakan tidak memenuhi syara (TMS). Dengan demikian, kini tersisa 243 Bacaleg yang maju tahap berikutnya,” urai Koordinator Divisi Teknis dan Partisipasi Masyarakat, Minggu (12/8).

Parpol yang Bacaleg-nya tidak memenuhi syarat adminsitrasinya yakni PKS di Dapil III. Sebab dari enam calon yang diajukan, pada masa perbaikan mereka tidak melakukan perbaikan administrasi. Nah, setelah KPUD Konut melakukan verifikasi mereka tidak memenuhi syarat.

“Makanya di TMS kan. Sehingga PKS itu di Dapil III tak ada calonnya. Kemudian satu Bacaleg Hanura di Dapil IV. Dengan permasalahan yang serupa dengan PKS. Karena persyaratan administrasinya tidak lengkap,” sambungnya.

Saat itu, KPUD Konut telah menyampaikan pada masing-masing Parpol sesuai hasil verifikasi tanggal 11 Agustus 2018. Asmul menambahkan dari 243 bacaleg yang memenuhi syarat (MS) terdiri dari 144 laki-laki dan 99 perempuan. “Untuk keterwakilan perempuan, ke-13 parpol tersebut telah memenuhi syarat 30 persen,”ujarnya.

Setelah pleno penetapan DCS kata dia, selanjutnya akan diumumkan di media massa untuk mendapatkan tanggapan masyarakat terkait dengan Bacaleg. “Jadi kita tunggu respon dan tanggapan masyarakat dari DCS yang sudah diumumkan,”pungkas Asmul. (b/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778