Pariwara
Konawe Selatan

DPRD Konsel : Investasi PT Marketindo Selaras tak Jelas

KAMALUDDIN/KENDARI POS
TAK JELAS : Pertemuan yang digelar DPRD Konsel untuk mendengar keluhan warga karena investasi PT Marketindo Selaras yang tak jelas.

KENDARIPOS.CO.ID — keseriusan dan kelanjutan investasi PT Marketindo Selaras di Kecamatan Angata, Konawe Selatan (Konsel), terus menjadi pertanyaan. Terbaru, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat menggelar rapat dengar pendapat, terkait masalah yang dikeluhkan warga. Dalam rapat tersebut, perwakilan masyarakat, Muhammad Alkhirab menginginkan kejelasan dari PT Marketindo Selaras terkait kapan perusahaan ini beroperasi kembali. Pasalnya, sudah hampir 20 tahun berdiri, sampai sekarang belum ada kegiatan yang dilakukan.

“Sudah banyak masyarakat yang ingin bekerja, tapi masih tidak jelas kelanjutan proses dan investasinya,” sindirnya di hadapan Ketua DPRD, Irham Kalenggo bersama Ketua Komisi II, Try Haryono, Samsu, Anshari Tawulo dan Hj. Waode Asnah serta Aliansi Masyarakat Konsel Menggugat, termasuk Perwakilan PT Marketindo Selaras.

Menanggapi hal tersebut, Perwakilan PT Marketindo, Umar Daling, menjelaskan, perusahaan belum beroperasi karena waktu itu terjadi krisis moneter. Tapi selama masa krisis itu, perusahaan tak pernah mengurangi jumlah karyawan dan tetap melakukan perluasan lahan. “Dalam menghadapi krisis kami tetap komitmen dengan karyawan tanpa mengurangi jumlahnya dan saat ini masih banyak kendala lain yang dihadapi perusahaan. Misalnya, terkait lahan yang dibebaskan masih menyebar dan perlu pembebasan lanjutan untuk menyatukan areal tersebut. Karena sebagian besar masyarakat belum bersedia untuk melepas lahannya,” argumentasi Umar Daling.

Sementara itu, Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo, menyampaikan, sebenarnya perusahaan itu masih beroperasi pada beberapa lokasi, hanya tidak berdampak luas. “Kita juga akan memberi saran pada perusahaan untuk bisa membantu memberdayakan masyarakat sekitar dengan meminjampakaikan lahannya menanam komoditas lain seperti sayur-sayuran. Dengan perjanjian, ketika perusahaan ingin kembali menggunakan lahannya, masyarakat juga harus berhenti menggunakan,” usulnya dalam mediasi tersebut.

Sayangnya, hingga pertemuan itu berakhir, belum ada keputusan yang menjanjikan bagi pihak masyarakat. Ketua DPRD menyimpulkan, akan diadakan pertemuan lanjutan dengan pihak perusahaan kapan pastinya akan beroperasi. (b/kam)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778