Pariwara
Konawe Selatan

Produk UMKM Konsel Didaftar Masuk HKI

Suasana sosialisasi HKI yg digelar oleh Pemda Konsel bekerja sama dengan Bekraf Republik Indonesia

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) melalui Dinas Koperasi dan UMKM menggandeng Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) RI bekerja sama dengan Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) menggelar sosialisasi dan fasilitasi pendaftaran hak kekayaaan intelektual (HKI), Kamis (19/7). Kegiatan itu diikuti peserta dari berbagai sub sektor pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga yang membuka kegiatan itu mengungkapkan, dalam meningkatkan pertumbuhan usaha mikro, sangat dibutuhkan kerja sama dengan pihak berkompeten, seperti Bekraf RI tersebut. “Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih pada Bekraf RI dan UNS dan pihak terkait karena membantu mendorong pengembangan UMKM di Konsel dengan menggelar kegiatan ini. Sehingga para pelaku usaha menengah ekonomi kreatif bisa meningkatkan produktifitasnya dan mendapat hak paten serta hak cipta secara gratis atas produk yang diproduksi usahawan di Konsel,” kata Surunuddin Dangga, kamis (19/7).

Surunuddin mengungkapkan, ini juga sejalan dengan visi Pemkab Konsel yang mengembangkan berbagai potensi sekaligus sebagai primemover pembangunan daerah lima tahun 2016-2021. “Di dalamnya terdapat visi misi pengembangan sektor ekonomi kreatif (PSEK) untuk mewujudkan masyarakat Konsel maju dan kreatif dengan penguatan regulasi pengembangan pelaku ekonomi berkualitas dan berdaya saing,” paparnya.

Mantan ketua DPRD Konsel ini menjelaskan pelaku ekonomi kreatif di Konsel mencapai 17.533. Ada 15.587 usaha mikro, kecil 1.862 dan usaha menengah 84 kelompok yang bergerak di bidang kerajinan, kuliner, percetakan, batu merah, ayam potong, meubel, desain, fotografer, film dan lain-lain.

Dikesempatan itu, Bupati Konsel berharap bisa terjalin kerja sama lanjutan untuk mengembangkan usaha di Konsel dan melihat produk yang dapat dikembangkan. “Apalagi saat ini kita telah mengirim lima pelaku usaha dari Konsel untuk magang di Yogjakarta yang dibiayai Pemkab dalam rangka peningkatan SDM,” tandasnya.

Sementara itu, Deputi Fasilitasi HKI Bekraf RI, Ari Juliano, mengatakan, usaha akan berkembang jika ada sentuhan kreatifitas dan inovasi serta adanya pengakuan legitimasi suatu produk. Sehingga sangat penting untuk di lakukan pemberian hak paten dan hak cipta suatu industri. Karena dengan adanya brand bisa meningkatkan nilai ekonomi dan memberi manfaat optimal atas suatu materi yang diproduksi.

“Makanya, kami menjembatani dan memfasilitasi pemberian hak cipta atas merk masing-masing UMKM dengan sistem jemput bola. Ini juga sebagai langkah konkrit kepedulian pemerintah pada pelaku usaha menengah untuk mendorong memaksimalkan produktivitas dan mutu,” tuturnya. Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Djussachri, menambahkan, kegiatan ini akan menjadi batu loncatan bagi pelaku usaha di daerah mendapatkan hak paten dalam menjalankan usahanya. “Jadi punya nilai tambah, karena selama ini produk kita belum bermerk. Setelah dengan melibatkan Bekraf ini bisa mendorong produk kita agar memiliki hak paten,” tambahnya dalam acara yang turut dihadiri Kakanwil Kemenkunham Sultra, Sofyan, Direktur Teknologi Informasi KI Dirjen KI, Razilu, Kepala Badan Pengelola Usaha UNS, Eddy Triharyanto, Perwakilan Bekraf RI, Muhammad Fauzy, Perwakilan Asosiasi Konsultan HKI, Sardjana Orba Manullang, dan Ketua Divisi KI UNS, Triyanto. (b/kam)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778