Pariwara
Kesehatan

Ini Alasan Kita Wajib Mengkonsumsi Kurma Secara Rutin

KENDARIPOS.CO.ID — Di Indonesia, buah kurma lekat dengan musim Ramadhan dan Idul Fitri. Buah yang manis dan legit ini kerap menghiasi meja makan atau ruang keluarga anda selama bulan puasa.  Namun sayangnya, tidak sedikit masyarakat Indonesia kurang sadar akan manfaatnya kaya kandungan nutrisi tinggi ini, terhadap tubuh mereka yang mengkonsumsinya.

Menurut pakar gizi, tidak sedikit masalah kesehatan yang dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi buah yang satu ini. Masalah kesehatan apa saja yang didapat dari konsumsi kurma? Berikut 7 alasan mengkonsumsi kurma seperti diambil dari Healthy Food and Home Remedies:

1. Mencegah diare

Kandung potasium yang dimiliki kurma dapat membantu Anda dari diare. Konsumsi kurma dapat membantu menenangkan flora usus dan menstimulasi pembentukan bakteri baik. 

2. Meredakan konstipasi

Luar biasa bukan, hanya dengan satu obat Anda dapat mengatasi dua penyakit pencernaan ini sekaligus. Caranya pun sangat mudah. Rendam kurma daam air minum di malam hari dan minum air kurma pada pagi harinya. Air kurma terkenal sebagai perncahar alami yang pernah ada. 

3. Menormalkan berat badan

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda diwajibkan mengkonsumsinya secara rutin. Konsumsi kurma setiap pagi sebelum sarapan. Karena tidak mengandung kalori, kurma sangat dianjurkan untuk menurunkan berat bada, namun dalam porsi yang terkontrol, karena kurma juga kaya akan gula. 

4. Meregulasi kadar kolesterol 

Mengkonsum kurma secara reguler dapat membantu Anda memerangi kolesterol jahat dengan membersihkan pembuluh darah sekaligus mencegah penumpukan lemak pada sistem kardiovaskular yang juga baik dalam mencegah pembekuan darah. 

5. Mendorong kesehatan jantung

Rendam kurma dalam air minum di malam hari dan blend buah dan air di pagi harinya hingga rata. Konsumsi smoothie kurma yang satu ini sepanjang hari Anda untuk merasakan manfaatnya.

6. Menjaga kadar gula darah

Sebagai tambahan dari manfaatnya terhadap jantung, konsumsi kurma juga baik dalam menjaga kestabilan kadar gula darah Anda. Para ahli mengatakan bahwa 5-6 buah kurma sehari menawarkan setidaknya 80mg magnesium, mineral yang dibutuhkan pembuluh darah untuk menstimulasi sirkulasi darah. Bahkan menurut beberapa studi , mengkonsumsi 370mg magnesium dapat menurunkan tekanan darah secara instan. 

7. Menjauhakan anda dari stroke

Mengkonsumsi kurma dapat membantu melindung sistem saraf tubuh dan melindungi Anda dari resiko serangan stroke, berkat tingginya kandungan potasium yang dimilikinya. Beberapa studi menunjukan bahwa 400mg potasium dapat menurunkan resiko seseorang terkena serangan stroke hingga 40 persen. 

(ruf/fajar)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778