Pariwara
Konawe Selatan

Dipimpin Surunudin-Arsalim, Konsel Makin Hebat

NAIK SAMPAN: Bupati Konsel Surunuddin Dangga (depan) dan Wakil Bupati Arsalim Arifin kompak naik sampan saat berada di Desa Wisata Namu, Kecamatan Laonti. Dulunya, desa ini terisolasi. Namun berkat terobosan keduanya, membuka akses jalan, sehingga kini menjadi wisata andalan di Konsel. Foto: Kamal/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Konawe Selatan (Konsel) genap berusia 15 tahun, hari ini (2/5). Meski baru berusia belasan tahun, namun banyak perubahan yang terjadi. Sudah tiga kali mengalami pergantian kepemimpinan, pembangunan diberbagai sektor terus digenjot. Kemajuan paling nyata, saat berada di bawah kendali kepemimpinan Surunuddin-Arsalim.

Walau baru dua tahun pasangan berakronim SUARA ini memimpin, namun Konsel mengalami kemajuan hebat. Mulai dari penurunan angka kemiskinan, peningkatan rumah warga jadi layak huni serta pengembangan peternakan dalam rangka meningkatkan perekonomian di kabupaten itu. Tak kalah luar biasa, Surunuddin-Arsalim mampu mengeluarkan daerah pecahan Kabupaten Kendari itu dari predikat tertinggal.

“Komitmen kami, menjadi Konsel lebih hebat lagi. Tak hanya aspek pembangunan infrastruktur, tapi juga semua sektor,” ungkap Surunuddin, selasa (1/5). Mantan anggota DPRD Sultra menegaskan, pihaknya akan terus berbenah diri.

“Kami berupaya mempercepat penurunan angka kemiskinan. Alhamdulillah, dalam dua tahun trakhir penurunanya signifikan. Kita target, sampai masa kepemimpinan berakhir, bisa turun sampai 9 persen,” jelasnya.

Lebih jauh Surunuddin menjelaskan, pihaknya juga terus berusaha membangun infrastruktur dan sarana dan prasarana. “Saya targetkan jalan aspal hingga 100 kilometer di 2019. Saat ini sudah 50 kilometer,” jelasnya.

Selain itu, sarana pemerintahaan juga terus dibenahi. Termasuk beberapa puskesmas ditingkatkan menjadi rujukan tahun ini. “Rumah sakit juga diperluas dan dinaikkan kelasnya dari bintang perdana. Sebab, dari 10 kamar yang ada, hasil pemantauan saya selalu penuh. Sehingga kami berharap ini bisa paripurna selama jabatan saya,” bebernya.

Ia menambahkan, Konsel memiliki sejumlah potensi yang dapat menopang peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Potensi hampir semua sektor ada di Konsel. Sehingga kita pengembangan kawasan. Pertanian, kawasan pertambangan, peternakan sapi dan pengembangan budi daya ikan serta sektor pariwisata dan usaha lain yang dapat meningkatkan kemajuan daerah,” jelasnya.

Upaya pengembangan potensi itu dilakukan di masing-masing wilayah desa yang ada. Sehingga ini sejalan dengan program nawacita. Yakni membangun dari desa. “Setiap desa harus ada potensi unggulannya. Jadi, ini dilakukan supaya lebih terarah. Jadi pertumbuhan memang harus dimulai dari desa,” katanya.

Dari sektor perekomomian, lanjut dia, geliat ekonomi tumbuh berkembang di masyarakat. “Saya melihat untuk ekonomi, sangat meningkat itu juga didukung dari dana KUR dan dana Bumdes. Disamping itu, kemajuan ekonomi juga dapat diukur dari rumah kumuh yang mulai berkurang. Karena pemerintah selalu memberikan intervensi baik dari pemerintah pusat maupun daerah. Mudah-mudahan di tahun 2020 kita tidak lihat lagi atap rumbia,” harapnya.

Indikator lain, tambah dia, tolak ukur kemajuan ekonomi Konsel itu dilihat dari perputaran transaksi bisinis. “Bahkan saya pernah disampaikan dari agen atau dialer mobil bahwa untuk konsumen dari Konsel, dalam satu bulan bisa belanja mobil sekira 30 buah perbulan,” ujarnya. Ke depan tambah dia, semua program yang telah dicanangkan dapat berjalan lebih maksimal. “Kita berharap di usia yang 15 tahun, Konsel makin maju. Dan saya sampaikan semua elemen yang ada baik aparatur maupun masyarakat, agar teruslah kerja keras, agar harapan menuju Desa Maju Konsel Hebat dapat terwujud,” pungkasnya. (b/kam/ing)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778