Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Investor Pasar Modal Ditargetkan Naik 20 Persen

MENGEDUKASI: Nicky Hogan, Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (kiri), saat memberi materi dalam kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Pasar Modal Terpadu 2018 di Kantor OJK Regional IV Jawa Timur, Kamis (22/2) lalu. Foto:Jawa Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Pengawasan Sektor Pasar Modal bekerjasama dengan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dan stakeholder lainnya menyelenggarakan Sosialisasi dan Edukasi Pasar Modal Terpadu 2018. Diselenggarakannya kegiatan ini bertujuan untuk merealisasikan target penambahan 220.000 investor baru di pasar modal atau naik 20 persen pada tahun 2018 ini.

Demikian diungkapkan Nicky Hagen, Direktur Pengembangan BEI dalam acara Sosialisasi dan Edukasi Pasar Modal Terpadu 2018 di Kantor OJK Regional IV Jawa Timur, Kamis (22/2) lalu. “Saat ini, terdapat lebih dari 1,1 juta investor yang terdiri dari 650 investor saham dan lebih dari 500 ribu investor reksa dana,” papar Nicky.

Nicky mengatakan, kondisi pasar modal di Jawa Timur dinilai sangat bagus, mencapai 40 emiten dengan nilai transaksi saham sebesar 18,8 triliun dengan jumlah investor 77.616 berdasarkan single investor identification (SID). Sedangkan investor reksa dana mencapai 72.982 investor dengan nilai transaksi mencapai Rp 2,9 triliun. “Tahun 2017 dana yang berhasil dihimpun dari pasar modal di Jawa Timur cukup signifikan mencapai Rp 800 miliar,” kata Nicky.

Nicky melanjutkan, saat ini komposisi investor asing di pasar modal Indonesia yang semula 65 persen berkurang menjadi 51 persen. “Investor domestik saat ini menguasai sebanyak 49 persen dan lebih dari 30 persen investor dari kelompok usia muda 17 sampai 30 tahun,” ujar dia.

Oleh karena itu, lanjut dia, kegiatan sosialisasi ini menargetkan anak-anak muda yang masih sekolah dan kuliah. Supaya mereka memahami lebih dini bagaimana cara untuk berinvestasi jangka panjang, sambil terus mengedukasi masyarakat-masyarakat di daerah agar memahami bagaimana cara berinvestasi saham” ujarnya.

Selain itu, Nicky menambahkan, tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat khususnya di daerah atas informasi aktual perkembangan di pasar modal. “Untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam berinvestasi yang cerdas dan aman. Sebagai bentuk ajakan persuasif kepada masyarakat untuk dapat menjadi investor di pasar modal,” kata dia. (jpnn)
(sb/jpg/jek/JPR)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778