Pariwara
Metro Kendari

Pilgub 2018, Pemkot Komitmen Kendari Tingkatkan Partisipasi Pemilih

SOSIALISASI : Pemkot Kendari berkomitmen meningkatkan partisipasi pemilih, termasuk pemilih pemula pada Pemilu. Sebagai langkah awal, Kesbangpol menggelar sosialisasi pemilu denganmenghadirkan KPU Kota Kendari dan stakeholder di Kota Kendari, Kamis (22/2) di Hotel Zahra. Foto: Aser Rerung/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota Kendari menargetkan ada peningkatan partisipasi pemilih pada Pilgub 2018 yang akan dihelat Juni mendatang. Jika partisipasi pemilih pada Pilwali lalu hanya 81,1 persen, maka jelang Pilgub nanti Pemkot berkomitmen bisa berada diatas angkat itu atau minimal bisa dipertahankan.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengatakan adalah tugas pemerintah untuk membangun kesadaran dan pemahaman masyarakat termasuk pemilih pemula untuk aktif menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara. Makanya, pihaknya menggelar sosialisasi itu, bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari.

“Kami mengundang komponen masyarakat Kota Kendari supaya ada kesatuan pemahaman tentang upaya maksimal Pemkot Kendari sebagiamana diwajibkan oleh Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilu untuk memberi dukungan terhadap suksesnya pilkada tahun 2018,” ujar Ridwansyah Taridala saat sosialisasi di Hotel Zahra, Kamis (22/2).

Sosialisasi yang berlangsung selama tiga hari itu kata dia melibatkan sejumlah komponen masyarakat. Klasifikasinya, kelompok ASN, tokoh masyarakat dan partai politik. Kemudian, kelompok mahasiswa dan pelajar dan terakhir tokoh agama, media massa dan kelompok penyandang kebutuhan khusus. “Tingkat antusiasme sejauh ini cukup bagus, kita mencoba memberikan pemahaman bagaimana nasib bangsa ini bisa ditentukan dengan kecerdasan kita memanfaatkan hak pilih,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ridwansyah Taridala meyakini tingkat pratisipasi pemilih tahun ini akan meningkat. Itu akan didorong oleh pemilih pemula yang akan semakin aktif. “Kalau data kita di KPU saat Pilwali kemarin (kamis;red) itu tingkat partisipasi politik masyarakat itu 81,1 persen dan dari 81,1 persen itu 41 persen ada dari pemilih pemula, makanya salah satu segmen yang kita undang kemarin (kamis;red) itu adalah pemilih pemula yaitu adik-adik kita SMA. Ada juga dari purnawirawan TNI-Polri. Insya Allah ini akan memberi dampak positif,” jelasnya.

Ditempat yang sama, komisioner KPU Kota Kendari Hayani Imbu yang ditemui usai menjadi narasumber mengungkapkan partisipasi pemilih memang penting untuk menyukseskan Pilgub nanti. Soal pemilih pemula kata dia, pihaknya sudah mendatangi sekolah-sekolah untuk bersosialisasi, agar pelajar memastikan dirinya terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT). “Kita sudah sosialisasi, dan akan sosialisasi terus, tentu harus didukung juga dengan berbagai pihak termasuk pemerintah,” katanya. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778