Pariwara
Metro Kendari

Mahasiswa UHO Belajar Manajemen Kendari Pos

Ratusan Mahasiswa UHO menyimak setiap materi yang disampaikan manajemen Kendari Pos. Foto: LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 150 mahasiswa jurusan Agrobisnis Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Halu Oleo (FPIK UHO) berkunjung ke kantor Graha Pena Kendari Pos di kawasan Malik Raya, Selasa (5/12). Dosen mata kuliah Komunikasi Bisnis, Rosmawati, S.Pi., M.Si dan Seventry Patiung, S.Pi., M.Sc ikut mendampingi para mahasiswa yang ingin belajar dan melihat langsung manajemen di media pertama dan terbesar di Sultra ini.

Selama tiga jam lebih mahasiswa berada di kantor Kendari Pos. Ruang diskusi dibuka seluas-luasnya. Mahasiswa menyimak paparan Direktur Utama (Dirut) Kendari Pos, Irwan Zainuddin terkait tata kelola manajemen perusahaan Kendari Pos dalam memproduksi koran hingga berada ditangan pembaca setiap hari.

Dosen FPIK UHO, Rosmawati mengatakan bahwa dirinya sangat terkesan dengan kemasan dan konten koran Kendari Pos. Hal itulah yang mengilhaminya dan mengajak mahasiswanya berkunjung di Kendari Pos untuk memahami manajemen yang diterapkan media cetak tersebut.

Rosmawati mengapresiasi Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin yang terbuka menerima kunjungan mahasiswa sekaligus menerima langsung kedatangan mereka. “Kami terkesan dengan penerimaan di Kendari Pos sehingga bisa berkesan bagi mahasiswa dan diri pribadi. Apalagi keberadaan Kendari Pos ini sangat dibutuhkan masyarakat,” ujar Rosmawati, Selasa (5/12).

Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin (berdiri) memaparkan manajemen dan seluk beluk Harian Kendari Pos kepada mahasiswa jurusan Agrobisnis FPIK UHO saat berkunjung di kantor Graha Pena di kawasan Malik Raya, Selasa (5/12). Foto: LM Syuhada Ridzky/ Kendari Pos

Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin mengapresiasi kedatangan para mahasiswa agrobisnis FPIK UHO tersebut. Sebagai media, sejatinya memang memiliki manajemen yang mendesain perencanaan dalam setiap produksi. Kendari Pos terdiri dari divisi redaksi, iklan, event organizer, sirkulasi dan divisi bisnis,keuangan dan umum. “Karena Kendari Pos menjadi referensi kebanggaan masyarakat Sultra maka seluruh divisi dalam bekerja selalu mengedepankan metode analisis SWOT, Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang/kesempatan), dan Threat (ancaman/tantangan),” ujar Irwan Zainuddin.

Dalam kesempatan itu, Irwan Zainuddin juga berbagi pengalaman dan memberi inspirasi. Dirinya berasal dari keluarga sederhana. Menjadi orang nomor satu di koran terbesar tak pernah dibayangkan. Posisinya saat ini tidak diraih secara instan, semuanya dimulai dari bawah.

Acara tak berhenti disitu. Para mahasiswa disuguhkan dengar berbagai materi dari setiap pimpinan divisi. Dimulai dari divisi, Pemred Kendari Pos, Arifuddin Mangka menjelaskan kerja-kerja wartawan. Tugas meliput peristiwa dan membuat berita. Termasuk proses layout hingga proses cetak koran sebanyak 24 halaman dan 21 rubrik itu.

Manajer Divisi Iklan, Awal Nurjadin menjelaskan bagaimana proses bisnis iklan dalam surat kabar. Suranto, Manajer Divisi Sirkulasi menjelaskan berita dan iklan yang sudah dikemas dalam desain keren diproduksi percetakan milik Kendari Pos. Setelah itu, koran didistribusi divisi sirkulasi setiap pagi hari itu kepada pelanggan di seluruh daerah di Sultra.

Wakil Direktur Kendari Pos, Agus Tranhadi memaparkan dalam pengembangan bisnis, Kendari Pos memiliki banyak mitra. Komunikasi juga terus ditingkatkan baik mitra maupun calon mitra, di dalam hingga luar kota. “Hal ini sangat penting untuk kelangsungan eksistensi Kendari Pos,” ujar Agus Tranhadi.

Mahasiswa sangat antusias ingin mengetahui secara mendalam tentang Kendari Pos. Sesi tanya jawab benar-benar dimanfaatkan. Ridwan, mahasiswa sementer tiga jurusan Agrobisnis menanyakan proses produksi berita hingga bisnis Kendari Pos. Begitu juga mahasiswa lainnya, Noval, Fadrin dan Haerul. (wan/c)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778