I Nyoman Abdi

KENDARIPOS.CO.ID–Seluruh wilayah terisolir di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), kini telah dapat memanfaatkan teknologi komunikasi dan internet gratis. Beberapa diantaranya adalah Desa Awiu dan Taore di Kecamatan Aere, warga Bou di Kecamatan Lambandia serta Desa Wundubite, Kecamatan Poli-Polia.

Kepala Dinas Kominfo Koltim, I Nyoman Abdi, mengatakan, sebanyak 133 desa dan kelurahan sudah tidak terisolir lagi. “Semuanya sudah bisa mengakses komunikasi dengan keluarganya yang ada di luar Koltim. Selain itu, masyarakat bisa mengunakan jasa internet gratis dan aplikasi media sosial lainnya,” ungkap Nyoman Abdi, Senin (8/11).
Semua jaringan telekomunikasi tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika dan sudah terpasang serta digunakan masyarakat secara gratis selama 24 jam.

Mantan Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Koltim tersebut mengatakan, 24 unit perangkat telekomunikasi itu menghabiskan dana Rp 5 miliar dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Kontrak kerja penggunaan internet gratis dimulai sejak tahun 2021 sampai Desember 2024 nanti.

“Semoga masyarakat bisa memanfaatkan jaringan yang disiapkan untuk kepentingan dan hal positif. Semua wilayah di Koltim sudah tembus menggunakan komunikasi melalui handphone dan internet. Kami juga akan sosialisasikan informasi internet di Kecamatan Uesi dan Uluiwoi,” tandas Nyoman Abdi. (c/kus)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.