Sulkarnain Kadir

-500 Pelajar SMP, 200 Pelajar SD

KENDARIPOS.CO.ID– Ada kabar gembira bagi para pelajar di Kota Kendari. Rencananya, Pemkot Kendari bakal membagi-bagikan paket internet gratis. Di Kendari, kuota internet ini diperuntukan bagi 700 pelajar yang masih melakukan pembelajaran secara daring terdiri dari 500 siswa SMP dan 200 murid SD. Setiap siswa akan kebagian 35 giga byte (GB).

Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Muchdar Alimin mengatakan, pemberian paket internet gratis merupakan bentuk kepedulian pemkot kepada Pelajar yang masih melaksanakan pembelajaran secara daring dari rumah masing-masing.

Selama ini, pihaknya kerap menerima aduan dari orang tua pelajar yang merasa terbebani dengan biaya pembelian paket data. Atas dasar itulah, pihaknya kemudian berinisatif menyisihkan APBD untuk pembelian paket data internet untuk pelajar. “Kami sudah laporkan ke pak Wali,” ujarnya kemarin.

Adapun yang menjadi sasaran program ini, lanjut dia, adalah para pelajar yang belum tercover dalam program paket internet gratis Kemendikbud. Jumlahnya berkisar 700 pelajar yang terdiri dari 500 murid SD dan 200 pelajar SMP.

Muchdar memastikan, kuota internet gratis yang diberikan bisa membantu pelajar dalam melaksanakan berlajar daring maupun dalam mencari (mengunduh) bahan pembelajaran diinternet. Itu dikarenakan data internet yang diberikan sifatnya unlimited atau bisa digunakan untuk mengakses seluruh aplikasi layanan. “Berbeda dengan bantuan sebelumnya yang hanya berlaku untuk aplikasi tertentu. Ini bisa digunakan untuk Googling (Browsing), zoom, medsos, dan lainnya sampai 35 GB,” kata Muchdar.

Ia menambahkan, kuota internet gratis ini bakal diberikan selama tiga bulan mulai dari Oktober, November, hingga Desember. Berhubung penyalurannya di bulan November, maka kemungkinan besar ada satu bulan yang diakumulasi penyalurannya. (b/ags)