I NGURAH PANDI/KENDARI POS
HERD IMMUNITY : Tim Pemantau Satgas Covid-19 Konsel yang diketuai Staf Ahli Bupati, Agusalim, menyaksikan jalannya proses vaksinasi di Kecamatan Lainea, kemarin.

KENDARIPOS.CO.ID– Pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Konawe Selatan (Konsel) masih berada pada level 3. Itu berdasarkan Asesmen Kementerian Kesehatan RI yang tertuang dalam Instruksi Mendagri nomor 58 tahun 2021. Pasalnya capaian vaksinasi masih di bawah 40 persen.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konsel terus memaksimalkan capaian target vaksinasi. Sesuai target sasaran mesti di atas 50 persen hingga 19 November 2021. Itu sesuai instruksi Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga saat memimpin rapat persiapan pelaksanaan vaksinasi di Kecamatan Kolono Timur, akhir pekan lalu.

Pemantau Satgas Covid-19 Konsel yang diketuai Staf Ahli Bupati, Agusalim, mengatakan, sudah ada lima tim dibentuk untuk turun langsung melihat pelaksanaan vaksinasi di setiap kecamatan.
“Penuhi capaian tersebut. Pemkab melalui Satgas Covid-19 kabupaten, kecamatan, kelurahan atau desa bersatu padu melaksanakan vaksinasi massal setiap hari,” kata Agusalim saat memantau proses vaksinasi di Kecamatan Lainea, kemarin.

Ia menambahkan, sebanyak 18.000 vaksin jenis Pfizer disediakan bagi masyarakat untuk dosis pertama. Pihaknya berharap stok vaksin yang ada di Puskesmas dapat dimanfaatkan. “Sesuai perintah pimpinan dan anjuran pemerintah, kita kejar target sasaran vaksin hingga 50 persen dalam pekan ini.

Selain menurunkan level pemberlakuan PPKM juga demi membentuk herd immunity masyarakat. Sehingga nantinya bisa hidup berdampingan dan menjadikan virus Covid-19 seperti virus flu biasa,” ujar Agusalim.

Diketahui status Konawe Selatan terkini masih dalam kategori zona hijau. Tak ada ditemukan kasus positif Covid-19. Namun protokol kesehatan tetap diterapkan secara ketat. (c/ndi)

Tinggalkan Balasan