Tamrin

KENDARIPOS.CO.ID– Harapan pihak Dinas Pertanian Wakatobi untuk menambah jumlah penyuluhnya, masih terus diupayakan. Jika tahun ini sudah ada pengangkatan 64 petugas yang mengantongi surat keputusan (SK) Bupati Wakatobi sebagai petugas penyuluh, maka tahun depan minimal sudah ada 100 petugas yang bekerja di lapangan. Selama ini, honorer di Kantor Dinas Pertanian yang berjumlah 20 orang, juga turut membantu tugas penyuluh di lapangan.

Kepala Dinas Pertanian Wakatobi, Tamrin, menjelaskan tahun ini diterbitkan 64 SK Bupati Wakatobi untuk merekrut tenaga penyuluh. Sementara tahun sebelumnya sudah ada sebanyak 12 penyuluh pertanian di lapangan yang berstatus tenaga lepas, pengangkatan Kementerian Pertanian. Sehingga saat ini total ada 96 orang yang bekerja membantu tugas penyuluh.

“Kita targetnya 100 orang penyuluh pertanian untuk ditugaskan pada 100 desa dan kelurahan di Wakatobi. Tapi karena kemampuan kita belum memadai, maka dimaksimalkan dulu yang ada. Untuk 20 orang honorer juga turut membantu di lapangan dan melaporkan kegiatan mereka,” jelas Tamrin, Minggu (31/10).

Pihaknya berharap semua pulau di Wakatobi sudah dilengkapi dengan tenaga penyuluh. Sehingga pengangkatan penyuluh berdasarkan potensi, bisa mengembangkan sentra pertanian Wakatobi. “Dengan adanya penyuluh di desa dan kelurahan maka kita bisa kembangkan sentra pertanian. Karena Wakatobi juga punya potensi,” sambungnya. Tamrin menambahkan, tahun depan pihaknya akan kembali mengusulkan pengangkatan tenaga penyuluh pertanian. (c/thy)