H. Poitu Murtopo

–Perusahaan Tambang Swasta Diminta Berkontribusi

KENDARIPOS.CO.ID–Optimalisasi terhadap pencapaian target pendapatan asli daerah (PAD) dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka. Salah satu caranya dengan memaksimalkan penagihan. “Kami juga melakukan upaya intensifikasi dan ekstensifikasi memaksimalkan pendapatan dan mencari sumber lain yang sah.

Terkait penagihan, kami akan melakukan pendekatan persuasif. Kami juga akan membuat strategi dan membentuk tim khusus untuk menagih ke objek pajak dan retribusi,” kata Sekretaris Kabupaten Kolaka, H. Poitu Murtopo, kemarin.

Menurut Poitu, banyaknya perusahaan tambang swasta yang masih aktif dan beroperasi di Bumi Mekongga harusnya bisa memberikan kontribusi lebih bagi capaian PAD. Sebab, perusahaan tambang swasta itu telah banyak mengeruk kekayaan alam di Kabupaten Kolaka. “Perusahaan tambang swasta ini memang sudah bayar pajak. Tapi kami minta agar mereka juga memberikan CSR dan kontribusi yang lebih pada pembangunan daerah. Sebab mereka sudah melakukan penambangan, maka tentu harus ada kepedulian terhadap masyarakat, khususnya yang ada di sekitar lokasi perusahaan itu beroperasi,” ujarnya.

Terungkap, realisasi PAD masih jauh dari target. Proyeksi capaian tahun 2021 sekitar Rp 144 miliar, tapi yang terealisasi baru sekitar Rp 94 miliar atau 65,30 persen. Padahal, tahun 2021 tinggal menyisakan 50 hari lagi. (b/fad)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.