Jun Rachmat

KENDARIPOS.CO.ID–Dana alokasi khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat akan dikucurkan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) pada tahun 2022 mendatang. Dinas Pekerjaan Umum dan Perhubungan Koltim mendapat alokasi sebesar Rp 6 miliar untuk pembangunan ruas jalan Kelurahan Welala menuju Kelurahan Raraa, Kecamatan Ladongi.

Plt. Kepala Dinas PU dan Perhubungan Koltim, Jun Rachmat, membenarkan hal itu. Ia mengaku, nominal yang akan diterima tahun depan kurang dibanding alokasi pada tahun 2021 ini. “Tahun ini Rp 9 miliar, sementara tahun depan sekitar Rp 6 miliar saja. Memang semua daerah mendapat refocusing DAK dari pusat termasuk Koltim. Semua dana dialokasikan untuk penanganan pandemi Covid-19. Untungnya masih ada Rp 6 miliar yang akan digunakan untuk pembangunan ruas jalan Kelurahan Welala menuju Raraa,” kata Jun, Senin (22/11).

Sekretaris Dinas PU dan Perhubungan Koltim itu mengatakan, sumber-sumber lain yang bisa dilobi untuk peningkatan infrastruktur publik akan terus dilakukan. “Untuk Bidang Sumber Daya Air, kosong. Kita tidak dapat anggaran. Tahun depan perlu kita intens berkomunikasi dengan pihak pusat biar mendapat alokasi anggaran yang lebih banyak,” tutup Jun Rachmat. (c/kus)

Tinggalkan Balasan