AGUS SETIAWAN/KENDARI POS
SENAM SEHAT : Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas (enam dari kiri) didampingi Sekot Kendari Nahwa Umar (lima dari kiri) saat mengikuti senam jantung sehat di pelataran Tugu Religi, kemarin

-Lomba Senam Jantung Sehat

KENDARIPOS.CO.ID– Jantung sehat, prestasi bisa diraih. Begitulah gambaran lomba senam jantung sehat yang digelar Pemprov Sultra bersama Yayasan Jantung Indonesia (YJI) di pelataran Tugu Religi, Minggu (14/11). Di saat yang bersamaan, Sultra turut dinobatkan sebagai juara tiga nasional lomba senam jantung sehat dalam rangka memperingati Yayasan Jantung Indonesia (YJI) ke 40.

Di tingkat lokalan, lomba senam jantung sehat tahun ini, diikuti sekira 12 club jantung sehat plus satu kelompok lanjut usia (Lansia) dari Puskesmas Mata.

Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas mengapresiasi pelaksanaan lomba senam jantung sehat. Menurutnya, lomba tersebut bisa menjadi wadah untuk mengedukasi masyarakat untuk senantiasa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) agar terhindar dari penyakit jantung. “Salah satunya lewat senam,” kata Lukman Abunawas usai membuka lomba senam sehat di Pelataran Tugu Religi, kemarin.

Pelaksanaan senam jantung sehat lanjutnya, sejalan dengan visi misi Gubernur Sultra Ali Mazi yang ingin mewujudkan masyarakat Sultra yang sehat salah satunya bebas dari penyakit jantung. “Semoga kita terbebas dari penyakit jantung sehingga kita bisa menjadi masyarakat produktif untuk membangun daera,” kata Lukman Abunawas.
Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua YJI Sultra, Sultan Andi Bakri mengatakan, senam sehat selain dilaksanakan untuk mengedukasi masyarakat tentang resiko penyakit jantung. Selain itu, acara ini digelar dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) YJI ke-40.

Ketua Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Sultra ini berharap lomba senam sehat ini bisa mengedukasi masyarakat khususnya para club untuk memasyarakatkan senam jantung sehat di lingkungan masing-masing. “Mudah-mudahan senam jantung sehat bisa menjadi budaya dalam keseharian masyarakat. Agar bisa meningkatkan derajat kesehatannya. Khususnya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah,” kata Sultan.

Seremoni peringatan hari YJI ke-40 ini turut dirangkaikan dengan pengumuman lomba senam jantung sehat secara nasional yang dilaksanakan secara daring (Online). Dari hasil pengumuman, Sultra berhasil meraih juara III Nasional. Sementara di tingkat lokal, juara I lomba senam jantung sehat diraih Kelompok Jantung Sehat (KJS) Tugu Religi, KJS Water Sport menjadi juara kedua dan ketiga KJS Alfa Farma. (b/ags)

Tinggalkan Balasan