KENDARIPOS.CO.ID — Peran imam dalam masjid sangat penting. Selain bertugas mengimani salat berjaamah, juga bertugas untuk memakmurkan masjid. Di Kendari, jumlah imam masjid cukup banyak. Tapi yang menyandang status percontohan baru 100 imam. Rencannya, pemkot bakal menambah 100 imam percontohan baru.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, keberadaan imam masjid percontohan sangat penting dalam rangka memakmurkan masjid. Kehadiran para imam nantinya akan menjadi figur bagi masyarakat sekitar dalam rangka membimbing sekaligus mengatasi beragam problem umat.

Sulkarnain Kadir

“Selain memimpin salah berjamaam, imam masjid percontohan juga berperan dalam melakukan pendampingan dan bimbingan kepada umat. Mengajak masyarakat untuk berdiskusi dan memakmurkan masjid,” kata Sulkarnain Kadir, kemarin.

Untuk menjadi imam masjid percontohan lanjutnya, cukup mudah. Masyarakat cukup berusia 20 tahun, beragama islam, serta sehat jasmani dan rohani.

“Mudah-mudah mulai tahun depan sudah bisa kita lakukan seleksi lagi. Saya minta Bagian Kesra untuk menyusun regulasi rekruitmennya. Nanti imam masjid percontohan ini tersebar di seluruh wilayah kelurahan dan kecamatan di Kota Kendari,” kata Sulkarnain Kadir. (b/ags)