Dirjen Paud Dikdasmen Kemendikbud RI, Jumeri, (kedua dari kiri didampingi Wali kota Kendari, Sulkarnain Kadir (kanan) menyerahkan bantuan internet gratis kepada perwakilan pelajar di Media Center Rujab Wali Kota Kendari, kemarin

Dirjen Salut Inisiatif Pemkot

KENDARIPOS.CO.ID– Janji Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir akhirnya ditunaikan. Selasa (9/11), orang nomor satu di Kendari ini membagi-bagikan paket data internet gratis. Paket data ini diperuntukan bagi 700 pelajar yang masih melaksanakan proses pembelajaran secara daring atau online. Dalam program ini, Pemkot bekerjasama dengan Telkomsel.

Sulkarnain mengatakan pemberian paket internet gratis merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap para pelajar di masa pandemi ini. Utamanya, bagi pelajar yang tidak terakomodir oleh bantuan kuota internet gratis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). “Kemarin, ada beberapa siswa yang tidak terakomodir. Makanya, kami anggarkan. Bantuan yang diberikan bisa meringankan beban pelajar khususnya para orang tua yang selama ini mengeluhkan biaya paket data karena penerapan pembelajaran daring. Jadi, para orang tua tidak perlu lagi repot membeli paket data,” ujarnya usai penyerahan bantuan internet gratis di Media Center Rujab Wali Kota Kendari, kemarin.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Paud Dikdasmen RI Jumeri, mengapresiasi langkah pemkot yang membagikan kuota internet gratis pada ratusan pelajarnya. Menurutnya, upaya tersebut sangat membantu pihaknya dalam meringankan beban pelajar dan orang tua dimasa pandemi ini.

Jumeri mengakui bantuan kuota internet gratis dari Kemendikbud belum diterima seluruh pelajar. Kondisi ini disebabkan beberapa hal seperti pelajar baru memiliki android, ganti nomor telepon dan beberapa kendala teknis lainnya. “Alhamdulillah, sudah diback up Pak Wali,” ujarnya.

Pemberian kuota internet gratis semata-mata dilakukan untuk meringankan beban para orang tua sekaligus untuk memastikan proses belajar mengajar tidak berhenti. “Sebagai orang tua mari kita pastikan anak-anak kita tetap mendapatkan hak belajar ditengah situasi sesulit apapun. Kita harus pentingkan anak-anak kita. Ini contoh baik untik ditiru didaerah-daerah lain,” kata Jumeri.

Sementara itu, Manager Branch Telkomsel Sultra, Mahmud Hilaluddin mengatakan pemberian kuota internet gratis merupakan inisiasi dari Pemkot Kendari dalam rangka meringankan beban pelajar. Sebagai penyedia layanan, pihaknya berkomitmem memberikan yang terbaik kepada para pelajar.

Adapun kuota internet yang diberikan sebesar 35 GB (25 GB Internet, 10GB YouTube) kepada 700 pelajar (500 murid SD, 200 pelajar SMP). “Kuota internet diberikan selama tiga bulan (Oktober – Desember) dan hanya berlaku di Kota Kendari,” kata Mahmud Hilaluddin. (b/ags)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.